Sakit Dibagian Dada Sebelah Kiri

Sakit Dibagian Dada Sebelah Kiri – Nyeri dada kiri yang menjalar hingga ke tulang rusuk dada bagian bawah, harus dicari tahu penyebabnya. Inilah Sederet Masalah Kesehatan!

Apakah Anda menderita nyeri dada akhir-akhir ini? Jangan diabaikan, oke! Apalagi jika rasa sakitnya berlangsung lama dan menimbulkan gejala lain yang mengkhawatirkan.

Sakit Dibagian Dada Sebelah Kiri

Sakit Dibagian Dada Sebelah Kiri

Anda perlu mencari alasan dan memahami bahayanya agar lebih berhati-hati. Lalu kenapa payudara kiri bawah terasa sakit?

Ketahui Penyebab Sakit Dada Sebelah Kanan

Di bawah ini beberapa gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan nyeri dada kiri menjalar hingga ke area bawah dada dekat tulang rusuk.

Rasa nyeri pada dada kiri yang menjalar kemungkinan menandakan adanya cedera pada dada kiri. Kulit di sekitar payudara cukup sensitif, namun melindungi banyak pembuluh darah, pembuluh darah, jaringan ikat, dan saluran susu. Cedera tersebut dapat menyebabkan nyeri pada dada kiri.

Pada ibu menyusui, infeksi pada saluran susu (mastitis) seringkali menyebabkan nyeri payudara. Hal ini biasanya diikuti dengan pembengkakan pada payudara, rasa terbakar dan kemerahan.

Penyebab lainnya terkait dengan operasi rekonstruktif atau pembesaran payudara. Jika nyeri bertambah, kumpulan nanah (abses) dapat terbentuk, sehingga memerlukan pembedahan untuk mengobatinya.

Tenggorokan Sakit Saat Menelan Sebelah Kiri? Ini Cara Mengobati!

Jika Dr. Nyeri dada merupakan ciri-ciri serangan jantung, kata Theresia Reina Unita. Ini karena otot jantung tidak mendapatkan cukup darah beroksigen akibat penyumbatan.

Gangguan jantung lainnya seperti perikarditis (radang perikardium) atau kardiomiopati (radang otot jantung) juga dapat menyebabkan nyeri pada dada kiri.

“Nyeri atau rasa tidak nyaman di area dada kiri, seperti terbentur benda berat, bisa menjalar ke lengan kiri, bahu kiri, leher, atau rahang. Oleh karena itu, nyeri di dada kiri juga bisa menjalar ke area dekat tulang rusuk di bawah dada. lanjut dokter Theresia.

Sakit Dibagian Dada Sebelah Kiri

Peradangan pada selaput lendir lambung (gastritis) dapat menyebabkan nyeri pada perut bagian atas. Rasa sakitnya bisa menjalar ke dada kiri atau dada bagian bawah.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Sakit Dada Sebelah Kiri

Kecelakaan dapat mematahkan tulang rusuk yang melindungi dada. Kondisi ini dapat menimbulkan nyeri pada dada sebelah kiri, bawah dada, dan daerah dekat tulang rusuk, terutama saat Anda menarik napas dalam-dalam.

Selain patah tulang rusuk, kecelakaan juga bisa menyebabkan otot dada kiri tegang. Anda akan mengalami pembengkakan, memar dan nyeri di sisi kiri dada Anda.

Jika tidak ditangani, patah tulang rusuk dapat membuat sulit bernapas. Anda akan kesulitan bekerja karena tidak bisa berjalan dengan baik.

Nyeri dada saat batuk, tertawa, atau menarik napas dalam bisa disebabkan oleh kanker paru-paru. Sel kanker paru-paru kiri dapat menyebar dan merusak organ serta jaringan tubuh jika tidak ditangani.

Penyebab Dada Sakit Sebelah Kanan Yang Tidak Boleh Disepelekan

Pneumonia, atau radang paru-paru akibat infeksi, juga bisa menyebabkan nyeri di dada kiri. “Kesulitan bernapas (dispnea), demam, batuk, dan gejala lainnya mungkin terjadi,” kata dr. ada

Untuk mengetahui penyebab nyeri dada, diperlukan pemeriksaan tambahan. Jadi, konsultasikan kondisi ini ke dokter ya!

Anda juga dapat mencoba fitur “Tanya Dokter” di aplikasi untuk mempermudah menemui dokter. Mulai sekarang, #JagaSehatTanpa khawatir dengan gangguan pada tubuh, gangguan kesehatan nyeri dada sebelah kiri biasanya bisa dengan mudah diobati dengan mempertimbangkan faktor penyebabnya! Jika nyeri dada disebabkan oleh suatu kondisi medis, seperti penyakit jantung, diperlukan pengobatan sesegera mungkin. Namun jika penyebabnya karena masalah medis lain dan tidak berbahaya, Anda bisa menerapkan beberapa tips mengatasi nyeri dada kiri di rumah. Jika Anda penasaran apa saja tips mengatasi nyeri di dada sebelah kiri, simak ulasannya pada artikel berikut ini.

Sakit Dibagian Dada Sebelah Kiri

Seringkali masalah yang berhubungan dengan nyeri di dada kiri dikaitkan dengan gejala serangan jantung. Namun hal lain seperti asam lambung/GERD, batuk berkepanjangan, dan lain-lain juga bisa menjadi penyebab masalah nyeri dada sebelah kiri ini. Untuk mengatasi masalah nyeri pada dada sebelah kiri, Anda bisa menggunakan beberapa tips sederhana seperti berikut ini.

Penyebab Dada Kiri Sakit Pada Wanita

Perlu Anda ketahui bahwa nyeri dada sebelah kiri atau kanan biasanya disebabkan oleh asam lambung yang naik ke kerongkongan. Biasanya penderita asam lambung akan mengalami kondisi ini ketika langsung berbaring setelah makan. Untuk mengatasi masalah tersebut, sebaiknya pasien memperbaiki posisi tubuhnya dengan duduk atau berdiri. Hal ini untuk mencegah asam lambung masuk ke kerongkongan.

Kompres air dingin juga merupakan obat nyeri dada kiri yang bisa Anda terapkan sendiri di rumah. Masalah nyeri sebelah kiri ini bisa disebabkan oleh ketegangan otot akibat mengangkat benda berat atau terjatuh. Mengoleskan air dingin pada bagian dada yang nyeri dapat dengan mudah meredakan masalah ketegangan otot.

Cara lain untuk mengatasi masalah nyeri di dada sebelah kiri adalah dengan minuman hangat. Apalagi jika masalah nyeri di dada sebelah kiri kerap hilang timbul dan disertai perut kembung. Kondisi ini sering dialami oleh orang yang menderita penyakit asam lambung atau dispepsia. Jadi dalam hal ini Anda bisa minum minuman panas seperti teh.

Salah satu bumbu favorit yang juga sangat ampuh untuk meredakan masalah nyeri pada payudara kiri adalah penggunaan air jahe. Hal ini dikarenakan jahe memiliki sifat anti inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi masalah ketegangan otot dan perut kembung pada saluran cerna. Anda bisa meminum air jahe hangat untuk merasakan manfaat jahe.

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Yang Harus Kamu Ketahui

Nah, itulah ulasan lengkapnya di mana Anda bisa mempelajari beberapa tips cara mengobati nyeri dada kiri sendiri di rumah. Penyebab nyeri dada kiri pada wanita tidak selalu menandakan serangan jantung. Dalam beberapa kasus, nyeri di dada kiri bisa disebabkan oleh sakit maag, gangguan pencernaan, atau masalah paru-paru. Lalu apa penyebab nyeri payudara kiri pada wanita?

Mengapa seorang wanita merasakan nyeri di payudara kirinya? Nyeri pada payudara kiri pada wanita dapat disebabkan oleh berbagai hal, beberapa di antaranya adalah:

Angina bukanlah suatu penyakit, melainkan gejala dari gangguan jantung seperti penyakit jantung koroner. Angina ditandai dengan nyeri, rasa tidak nyaman pada dada kiri, dan tekanan akibat gagal jantung. Selain nyeri di dada kiri, Anda mungkin juga merasakan nyeri di lengan, bahu, leher, punggung, atau dagu.

Sakit Dibagian Dada Sebelah Kiri

Penyebab nyeri payudara kiri pada wanita lainnya adalah kelainan tulang atau otot. Tulang rusuk yang patah atau retak dapat menyebabkan nyeri dan bengkak, sedangkan nyeri kronis dan otot yang terlalu aktif juga dapat menyebabkan nyeri dada.

Punggung Sakit Saat Bernapas? 4 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Miokarditis adalah peradangan otot jantung yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Selain nyeri dada, gejalanya meliputi sesak napas, irama jantung tidak normal (aritmia), dan kelelahan.

Healthline melaporkan bahwa miokarditis dapat melemahkan jantung atau menyebabkan kerusakan permanen pada otot jantung. Dalam kasus ringan, miokarditis dapat membaik tanpa pengobatan. Namun, miokarditis akut pasti memerlukan pengobatan.

Serangan panik adalah keadaan ketakutan yang terjadi secara tiba-tiba ketika tidak ada ancaman atau bahaya yang jelas. Banyak orang sering salah mengartikan serangan panik dengan serangan jantung karena gejalanya mirip.

Serangan panik memicu saraf simpatis di otak, yang memicu respons pertahanan yang Anda alami saat menghadapi bahaya. Serangan panik biasanya berlangsung sekitar 10 menit dan diikuti gejala berikut:

Dada Sering Terasa Seperti Ditusuk Jarum, Mungkinkah Sakit Jantung Dok?

Asam lambung atau GERD bisa menjadi salah satu penyebab nyeri pada payudara kiri pada wanita. Peningkatan asam lambung dapat menyebabkan mulas, nyeri dada yang biasanya terjadi segera setelah makan. Hal ini juga bisa terjadi jika Anda langsung berbaring setelah makan.

Asam lambung kronis terkadang bisa berkembang menjadi penyakit gastroesophageal reflux, atau GERD. Sering mulas adalah gejala utama GERD. Selain nyeri dada, GERD juga bisa menyebabkan batuk dan mengi.

Rasa sakit yang tajam dan menusuk di dada saat menarik napas dalam atau batuk bisa menjadi tanda Anda menderita pneumonia, terutama jika Anda baru saja menderita penyakit pernapasan seperti bronkitis atau flu. Gejala pneumonia lainnya:

Sakit Dibagian Dada Sebelah Kiri

Paru-paru kolaps atau pneumotoraks adalah suatu kondisi ketika udara memasuki ruang di sekitar paru-paru. Hal ini dapat terjadi jika terdapat lesi terbuka pada jaringan paru-paru yang menyebabkan masuknya udara ke dalam rongga pleura. Peningkatan tekanan di luar paru-paru menyebabkan paru-paru kolaps.

Gejala Dan Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kanan

Kondisi ini bisa menyebabkan nyeri hebat di kedua sisi dada. Gejala lain yang mungkin muncul adalah:

Penyebab lain nyeri dada sebelah kiri pada wanita adalah kanker paru-paru. Sayangnya, gejala tersebut mungkin tidak terlihat pada tahap awal. Tanda dan gejala umum lainnya meliputi:

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), 1 dari 5 wanita meninggal karena serangan jantung. Tanda dan gejala serangan jantung pada pria dan wanita sangat berbeda. Wanita cenderung tidak mengalami nyeri dada yang menyiksa. Sebaliknya, wanita lebih cenderung mengalami pusing, kelelahan, atau mual. Gejala khas serangan jantung pada wanita:

Jika Anda mengalami salah satu gejala di atas, segera dapatkan bantuan medis. Semakin lama otot jantung tanpa oksigen, semakin besar kerusakan permanen yang bisa terjadi.

Cara Mengatasi Sakit Dada Sebelah Kiri, Ini 5 Langkah Paling Mujarab!

Beberapa penyebab nyeri payudara kiri pada wanita di atas bisa dihindari dengan menjaga kesehatan tubuh dan jantung sejak dini. Menjaga kesehatan tubuh dan jantung bisa dimulai dengan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga.

Anda juga dapat menemukan suplemen jantung lainnya di pusat vitamin pribadi terlengkap. Unduh juga aplikasinya di Play Store atau App Store dan ikuti kuisnya untuk mendapatkan rekomendasi vitamin untuk kondisi Anda. Dapatkan beragam vitamin dari A hingga Z (inc) saja.

Jangan lupa dengan hadiah new normal – Immunity Extra (30), Stimuno & Blackmores Odourless Fish Oil (90) – 3% RP 517.200 RP 501.350

Sakit Dibagian Dada Sebelah Kiri

Ditambah lagi, suplemen yang Anda pesan merupakan hasil rekomendasi berdasarkan kebutuhan Anda

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Yang Harus Diketahui

Sakit dibagian dada sebelah kiri atas, nyeri dibagian dada sebelah kiri, sakit dibagian pinggang sebelah kiri, sering sakit dibagian dada sebelah kiri, sakit dibagian dada sebelah kanan, dada sakit sebelah kiri, nyeri dibagian dada sebelah kanan, sakit dibagian dada bawah sebelah kiri, sakit dibagian pinggang belakang sebelah kiri, sakit dibagian leher sebelah kiri, sakit dibagian dada kiri, sakit dibagian perut sebelah kiri

Leave a Comment