Rumus Gaji Pokok Di Excel

Rumus Gaji Pokok Di Excel – Cara Menghitung Gaji Pokok dan Gaji Kotor di Excel – Pada Laporan Gaji kita mengetahui detail Gaji Pokok dan Gaji Kotor. Keduanya mengacu pada aliran pendapatan yang berbeda.

Gaji awal adalah gaji awal yang dibayarkan menurut jenis pekerjaan dan pekerjaan pegawai. Secara umum, gaji rata-rata ditentukan menurut standar dan gaji perusahaan, serta dikendalikan oleh tingkat pekerjaan.

Rumus Gaji Pokok Di Excel

Rumus Gaji Pokok Di Excel

) total pendapatan karyawan, termasuk gaji rata-rata dan lain-lain, termasuk gaji tetap, tunjangan, lembur, dll. Upah kotor adalah penghasilan yang belum dipotong dari penghasilan.

Solution: Cara Menggunakan Rumus Fungsi Vlookup Beda Sheet

Cara menghitung gaji di excel memang tidak mudah, karena gaji ini selalu tetap dan dibayarkan secara rutin setiap bulannya. Kita cukup menggunakan rumus excel VLOOKUP atau HLOOKUP untuk mencari informasi gaji karyawan pada tabel. Namun jika ada perubahan gaji, maka total gajinya pun ikut berubah.

Ini banyak digunakan dalam menghitung gaji karyawan perusahaan. Sistem pemrosesan data terdiri dari baris dan kolom yang menyediakan model perhitungan sederhana dan kompleks.

Beberapa rumus sederhana yang sering digunakan untuk menghitung gaji karyawan adalah penjumlahan, pengurangan, dan perkalian. Misalnya, kita bisa menggunakan rumus berbeda untuk menghitung lembur dan rumus tambahan untuk menghitung pendapatan kotor karyawan.

Terdapat pula rumus VLOOKUP untuk melihat data yang disusun secara vertikal dan rumus HLOOKUP untuk melihat data secara horizontal. Rumus ini dapat digunakan untuk menghitung nilai gaji pokok, tunjangan pasti dan jenis penghasilan lainnya yang besarnya tetap.

Cara Menghitung Gaji Pokok Di Excel

Sebelum menghitung gaji karyawan, terlebih dahulu kita buat tabel sederhana yang memuat kategori karyawan serta nilai rata-rata gaji dan kompensasinya. Garis upah per jam dan garis tunjangan makan harian karyawan juga ditambahkan untuk menghitung lembur.

Pada tabel excel ini kita akan membuat data yang diurutkan secara vertikal atau dari atas ke bawah. Kolom 1 (A) sampai dengan 5 (E) adalah kolom tugas, gaji pokok, gaji tetap, upah per jam, dan tunjangan harian.

Tabel ini merupakan sumber informasi untuk menghitung upah dan tunjangan pokok, termasuk pembayaran tetap dan tidak tetap, misalnya makanan atau kehadiran.

Rumus Gaji Pokok Di Excel

Selanjutnya kita akan menghitung gaji pokok karyawan sesuai golongan pada tabel di atas. Sebelumnya kita buat dulu tabel gaji yang berisi nama karyawan dan pangkatnya. Berikut ini contohnya:

Apa Rumus Untuk Kolom Golongan , Jabatan, Gaji Pokok, Jml. Jam Lembur, Uang Lembur, Tunjangan, Pajak,

Di sel A13, kita memasukkan gaji rata-rata, A14 – gaji tetap, A15 – tunjangan dan A16 – upah lembur. Juga, jangan lupa untuk membuat sistem juga

Karena gaji pokok adalah pendapatan tetap, maka kita bisa langsung mengisi sel D13 dengan rumus VLOOKUP untuk mencari rata-rata gaji kelompok 2 dari data gaji bulanan karyawan.

Adalah nilai yang akan dicari. Kita masuk ke sel B11 yang berisi angka 2, karena kita melihat gaji awal untuk kelompok 2.

Adalah data yang kita lihat nilai rata-rata gajinya, yaitu data gaji karyawan dengan sel A2 sampai E7.

Aplikasi Excel Cetak Slip Gaji

Nomor di pintu data. Pada contoh di atas, gaji pokoknya adalah baris B atau baris 2.

Nah, untuk mencari rata-rata gaji karyawan di kelompok 2, ketikkan rumus =VLOOKUP(B11; A2:E7; 2; FALSE) dan Excel akan mendapatkan nilai di sel B4 yaitu Rp3.500.000.

Tunjangan tetap pada contoh di atas adalah tunjangan makan yang dibayarkan berdasarkan kehadiran pegawai pada bulan tersebut. Oleh karena itu, pegawai harus mencatat terlebih dahulu hari kerja (lanjutan) hari di unit tersebut. Misalnya, jika karyawan login 20 hari dalam sebulan, kita memasukkan nilai 20 di sel B15.

Rumus Gaji Pokok Di Excel

, yaitu harga makan harian pekerja kelompok 2 di sumber data. Dengan menggunakan rumus yang sama, kita bisa memasukkannya ke dalam sel C15 seperti gambar di bawah ini

Rumus Biaya Per Unit, Cara Hitung Di Excel Dan Tips Mengoptimalkannya

(C15), sehingga nilai terukur dapat digunakan untuk menghitung pakan. Kita hanya menuliskan rumusnya pada sel D15

Selanjutnya kita menghitung waktu lembur. Rumus menghitung lembur di excel juga sama dengan menghitung uang biasa (pembayaran makan) yaitu tepat waktu.

Mulailah dengan menghitung jam lembur karyawan, lalu masukkan angkanya pada kolom tersebut. Misalnya, seorang karyawan bekerja 4 hari dalam sebulan, lebih dari 4 jam setiap waktunya.

Lebih bayar per hari (4 jam) sebesar 7,5 kali tarif per jam. Jadi, upah lembur 4 hari adalah 30 kali lipat tarif per jam. Kita cukup memasukkan nilai 30 pada kolom sel B16.

Rumus Excel Vlookup: Cara Perhitungan Dan Contoh

4 adalah upah per jam di sumber data. Selanjutnya Excel akan merilis upah per jam sebesar Rp 24.277 yang merupakan upah per jam Level 2 sebesar Rp 3.500.000 dan upah tetap sebesar Rp 700.000.

Selain rumus excel, ada cara menghitung gaji karyawan yang lebih baik yaitu dengan menggunakan software payroll. Program untuk saat ini

Secara otomatis menghitung gaji karyawan setiap bulan. Semua pos pendapatan dan pemotongan dimasukkan dalam slip gaji karyawan berdasarkan informasi yang dimasukkan dalam aplikasi.

Rumus Gaji Pokok Di Excel

Gaji rata-rata, gaji tetap, gaji belum dibayar, upah lembur, bonus, THR, BPJS dan pemotongan penghasilan karyawan PPh 21 dapat dihitung. Kompensasi dan komponen-komponennya disesuaikan dengan undang-undang ketenagakerjaan, pengupahan dan perpajakan yang berlaku saat ini.

Tabel Perhitungan Gaji Karyawan

Dengan aplikasi HRIS, proses penggajian mulai dari penggajian hingga pembayaran dapat diselesaikan secara instan. HR tidak perlu menghabiskan waktu berhari-hari menggunakan rumus Excel untuk menghitung gaji setiap karyawan.

Aplikasi lain yang memudahkan pekerjaan HR adalah Hadirr. Aplikasi absensi online ini menggunakan teknologi untuk mencatat kehadiran karyawan

Hadirr juga mencakup manajemen lembur, memungkinkan konfirmasi jam lembur secara digital, sehingga tidak memerlukan lembar lembur dan tanda tangan. Jam lembur dicatat dengan benar dalam aplikasi dan disimpan tanpa peninjauan manual. Tentu saja, Anda perlu menghitung upahnya terlebih dahulu agar para pekerja mendapat bayaran sesuai haknya. Anda dapat menggunakan Microsoft Excel untuk membantu Anda menghitung gaji bulanan karyawan Anda. Namun, tahukah Anda cara menghitung gaji bulanan karyawan menggunakan Excel?

Jangan bingung jika Anda belum memahami proses perhitungannya. Bantuan dalam menghitung gaji karyawan menggunakan excel. Silakan baca artikel ini sampai akhir!

Apa Itu Arti, Contoh Cara Hitung Payroll Gaji Karyawan Adalah?

Siapkan Microsoft Excel versi terbaru di komputer Anda dan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menghitung gaji karyawan!

Para pekerja. Setelah mengumpulkan informasi karyawan, metrik gaji karyawan harus dimasukkan, seperti jam lembur, catatan kehadiran, dll.

Pada kolom berikutnya, Anda harus memasukkan informasi gaji awal karyawan berdasarkan perjanjian bulanan. Gaji di bawah ini akan sama dengan jumlah hari atau jam kerja karyawan dalam sebulan. Metode perhitungan ini sangat ideal untuk kantor dengan omset

Rumus Gaji Pokok Di Excel

Perhatikan contoh ini untuk memahami proses perhitungan. Anda membayar pekerja sebesar Rp 4.500.000 selama 25 hari kerja. Artinya, gaji harian karyawan tersebut adalah Rp 180.000. Anda dapat memasukkan data ini ke Excel.

Lengkap! Kumpulan Rumus Excel Untuk Hrd Pemula

Jika seorang karyawan mengambil cuti kerja selama 3 hari, maka jumlah hari kerjanya hanya 22 hari. Kalikan tarif harian dengan jumlah hari kerja untuk mendapatkan gaji bulanan karyawan. Karyawan akan dibayar Rp 3.960.000 untuk bulan tersebut. Gunakan rumus Excel (G7*H7) dan masukkan pada kolom I7 untuk memudahkan perhitungan.

Selanjutnya, Anda perlu menghitung total gaji. Caranya dengan menambahkan gaji pokok ke dalam tunjangan dan bonus yang diberikan. Jenis pertanggungan berbeda-beda tergantung pada pekerjaan dan kesepakatan antara pemberi kerja dan pekerja. Contoh tunjangan antara lain tunjangan makan, tunjangan transportasi, tunjangan keluarga dan lain-lain.

Jika ada beberapa tunjangan, Anda bisa memperluas di Excel dan menambahkan tunjangan sebelum menghitung total gaji. Disarankan untuk memperluas manfaat ini untuk mencerminkan informasi gaji karyawan.

Seperti contoh di atas, maka karyawan tersebut akan menerima total gaji sebesar Rp 300.000. Jadi, total gaji karyawan tersebut adalah Rp 4.260.000. Gunakan rumus =SUM(K7:L7) untuk menghitung lebih mudah.

Ms. Excel Kerjakan Soal Dibawah Ini Menggunakan Rumus Pada Ketentuan Soal Computer Course Center Dalam

Sudahkah Anda meminta karyawan Anda untuk bekerja lembur? Anda harus menghitung upah sesuai dengan peraturan ketenagakerjaan. Rumus penghitungan lembur bisa berbeda-beda tergantung jumlah hari kerja dalam seminggu.

Katakanlah Anda ingin karyawan Anda bekerja lebih dari 5 jam di akhir pekan dan kantor Anda buka 6 hari seminggu. Sebaiknya hitung gaji per jam dengan rumus 1/173 x gaji rata-rata, lalu kalikan hasilnya dengan 2. Dengan demikian, karyawan tersebut mendapat tambahan gaji sebesar Rp 52.023. Total gajinya Rp 4.312.023.

Terakhir, total gaji harus dikurangi dengan potongan seperti BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan. Pemerintah menerapkan pemotongan pajak sebesar 5,7% untuk BPJS kerja, perusahaan membayar 3,7% dan pekerja membayar 2%. Untuk BPJS Kesehatan, potongannya 5%, perusahaan bayar 4%, dan pekerja bayar 1%.

Rumus Gaji Pokok Di Excel

Sesuai contoh pada kalimat pertama, besarnya tunjangan BPJS ketenagakerjaan yang dibayarkan (2% x4.500.000) = Rp 90.000 dan besarnya tunjangan kesehatan BPJS yang dibayarkan (1% x4.500.000) = Rp 45.000. Total diskonnya Rp 135.000. Jadi, gaji yang diterima karyawan tersebut sebesar Rp4.177.000. Untuk memudahkan perhitungannya gunakan rumus = M7 (gaji kotor) – N7 (potongan BPJS) – O7 (potongan BPJS kesehatan).

Cara Mudah Menghitung Gaji Karyawan Bulanan Dan Prorata

Lengkap, memuat banyak indikator penting dalam perhitungan gaji, seperti status karyawan, lembur, tunjangan, dll. Cukup isi informasi di halaman tersebut dan Anda dapat mengunduh atau mengirimkan slip gaji yang sudah lengkap kepada karyawan Anda.

Jika Anda memiliki software HRD, tugas menghitung gaji karyawan akan lebih mudah. Anda dapat melacak jam kerja dan absensi karyawan Anda selama sebulan. Perhitungan gaji juga objektif karena berdasarkan data yang ada. Cara ini jauh lebih efisien dibandingkan menggunakan excel untuk menghitung gaji karyawan bukan?

Aplikasi ini pertama? Hubungi kami hari ini di WhatsApp untuk mengetahui kebutuhan perusahaan Anda. Gunakan saja untuk menghasilkan lebih banyak uang.

Itu benar

Cara Menghitung Gaji Pokok Dan Gaji Kotor Di Excel

Rumus menghitung gaji pokok di excel, rumus gaji pokok, rumus excel gaji pokok, cara menghitung gaji pokok di excel, rumus excel menghitung gaji pokok, rumus mencari gaji pokok di excel, menghitung gaji pokok di excel, cara menghitung gaji pokok excel, rumus excel gaji pokok dan tunjangan, rumus excel menghitung gaji pokok dengan if, rumus gaji bersih di excel, rumus menghitung gaji di excel

Leave a Comment