Penyebab Tenggorokan Sering Terasa Kering

Penyebab Tenggorokan Sering Terasa Kering – 8 Penyebab Umum Gatal Tanggal Terbit: 22 Februari 2019 Terakhir Diperbarui: 12 Oktober 2020 Dimodifikasi 13 Juni 2019 Waktu Membaca: 3 menit

Pada kebanyakan kasus, sensasi gatal di tenggorokan seringkali disebabkan oleh reaksi alergi dan pilek atau flu. Namun, dalam beberapa kasus, penyebab gatal mungkin merupakan tanda dari kondisi medis yang serius, seperti kanker tenggorokan.

Penyebab Tenggorokan Sering Terasa Kering

Penyebab Tenggorokan Sering Terasa Kering

Alergi adalah salah satu penyebab paling umum dari tenggorokan gatal. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, antara lain serbuk sari, debu, bulu hewan peliharaan, makanan, udara dingin, bahan kimia, hingga polutan udara seperti knalpot mobil atau asap rokok.

Mengenal 6 Penyebab Tenggorokan Kering Dan Cara Mengatasinya

Gejalanya bisa berbeda-beda pada setiap orang. Namun kasus ringan hingga sedang biasanya ditandai dengan bersin, gatal, pilek, hidung tersumbat, post-nasal drop atau lendir mengalir dari hidung ke tenggorokan, ruam, dan iritasi kulit.

Influenza atau influenza merupakan penyakit infeksi virus yang menyerang sistem pernafasan dan biasanya menyerang pada musim pancaroba atau hujan. Biasanya gejala flu meliputi demam, gatal atau sakit tenggorokan, sakit kepala parah, batuk, kelelahan, hidung berair atau tersumbat, kehilangan nafsu makan dan susah tidur. Jika gejalanya ringan, biasanya ini merupakan tanda flu.

Faringitis adalah peradangan pada tenggorokan yang merupakan salah satu saluran fibromuskular di depan tulang belakang leher dan berperan penting dalam sistem pernapasan, sistem pencernaan, dan sistem bicara (suara).

Sebagian besar kasus faringitis disebabkan oleh infeksi virus seperti pilek, flu, dan mononukleosis. Namun pada beberapa kasus, faringitis juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, biasanya bakteri streptokokus tipe A.

Alami Tenggorokan Panas? Cari Tahu Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Gejala faringitis yang paling umum adalah sakit tenggorokan dan kesulitan menelan. Nyeri otot, bersin, pilek, sakit kepala, batuk, kelelahan, pegal-pegal, demam, kehilangan nafsu makan, dan pembengkakan kelenjar adalah beberapa gejala lain yang menyertainya.

Peradangan pada pita suara juga bisa dicurigai sebagai penyebab lain tenggorokan gatal atau sakit. Kondisi medis yang disebut dengan radang tenggorokan ini biasanya disebabkan oleh penggunaan pita suara yang berlebihan, infeksi virus flu, reaksi alergi, atau kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol.

Selain tenggorokan terasa sakit atau gatal, radang tenggorokan juga bisa menimbulkan beberapa gejala lainnya. Misalnya suara menjadi serak atau hilang sama sekali, demam ringan, batuk kering, dan keinginan untuk terus-menerus berdehem.

Penyebab Tenggorokan Sering Terasa Kering

Refluks asam lambung (GERD) atau yang lebih dikenal dengan penyakit asam lambung, tidak hanya menimbulkan rasa mulas atau mulas saja, namun juga rasa gatal.

Penyebab Tenggorokan Terasa Kering Dan Cara Mudah Mengatasinya

Penyakit asam lambung disebabkan oleh disfungsi sfingter esofagus bagian bawah (LES). Wanita hamil, orang yang kelebihan berat badan, dan orang dengan kebiasaan buruk seperti merokok dan langsung tidur setelah makan lebih rentan terkena BUOO.

Dehidrasi atau dehidrasi mengurangi produksi air liur, yang pada akhirnya menyebabkan mulut kering dan sakit tenggorokan.

Selain kebiasaan minum terlalu sedikit, salah satu hal yang sering dihadapi seseorang adalah sembelit atau sembelit. Maka penuhi kebutuhan air tubuh dengan rutin meminum air putih rata-rata 8 gelas per hari untuk menunjang kesehatan tubuh.

Banyak obat yang dapat menyebabkan batuk kering dan gatal, salah satunya adalah obat darah tinggi golongan ACE inhibitor (benazepril, captopril, lisinopril, dan enalapril). Timbulnya efek samping ini biasanya dimulai segera setelah minum obat.

Sariawan Pada Tenggorokan

Dalam beberapa kasus, tenggorokan gatal juga bisa menjadi tanda adanya kondisi medis serius, seperti kanker tenggorokan. Tumor ganas di tenggorokan, baik itu faring, laring, atau amandel.

Ada banyak faktor yang meningkatkan risiko seseorang terkena kanker tenggorokan. Beberapa di antaranya adalah perokok dan pecandu alkohol, mengidap infeksi HPV, GERD, serta rendahnya konsumsi buah dan sayur.

Gejala kanker tenggorokan lebih mungkin dipastikan jika rasa gatal atau nyeri di tenggorokan disertai gejala lain. Ini termasuk penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, perubahan suara, batuk kronis disertai darah, nyeri terus-menerus atau telinga berdenging, dan pembengkakan pada leher atau tenggorokan.

Penyebab Tenggorokan Sering Terasa Kering

Dalam kasus yang ringan, tenggorokan gatal bisa diobati dengan berkumur air garam, makan madu, mengonsumsi bawang putih atau menggunakan obat sakit tenggorokan dan masih banyak cara lainnya seperti yang terlihat pada artikel berikut ini: 7 Cara Alami Menyembuhkan Gatal yang Ampuh terbukti.

Cara Menghilangkan Gatal Di Tenggorokan Secara Cepat Dan Alami

Namun jika menetap dalam jangka waktu lama atau disertai gejala yang sangat tidak biasa, ada baiknya segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan diagnosis jelas mengenai penyebab pasti dan pengobatan yang tepat.

Tim editorial berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja sama dengan dokter dan praktisi kesehatan dan menggunakan sumber daya tepercaya dari organisasi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Dale-Tom, Jennifer & McBride, Kelly. (2019) Tenggorokanku Gatal! Simulasi dalam ruangan untuk pendidikan profesional kesehatan. Penasaran. 11. 10.7759/curious.4366.. Gerbang penelitian. (https://www.researchgate.net/publication/332165426_My_Throat_is_Itchy_An_In-situ_Simulation_for_Interprofessional_Healthcare_Education)

Ozkan, Deren & Sekin, Deniz. (2011) Contoh kasus: Sindrom Makanan Serbuk Sari. Acta Dermato Venereologica. 91. 633-634.. Gerbang Penelitian. (https://www.researchgate.net/publication/298200119_A_CASE_WITH_ITCHY_THROAT_POLLEN-FOOD_SYNDROMES)

Cara Mengatasi Sariawan Di Tenggorokan

Artikel ini hanya untuk informasi medis, bukan diagnosis medis. Sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan ahli di bidangnya.

Konten ini telah ditulis atau direview oleh praktisi kesehatan dan didukung oleh setidaknya tiga referensi dan sumber yang kredibel.

Tim redaksi berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat, lengkap, mudah dipahami, terkini, dan dapat ditindaklanjuti. Anda dapat membaca proses editorial selengkapnya di sini.

Penyebab Tenggorokan Sering Terasa Kering

Jika Anda mempunyai pertanyaan atau komentar mengenai artikel kami, Anda dapat menghubungi kami di WhatsApp 0821-2425-5233 atau email [email protected] Tenggorokan kering? Berikut penyebab dan solusinya Tanggal terbit: 22 Februari 2019 Terakhir diperbarui: 10 November 2020 Revisi 13 Juni 2019 Waktu baca: 4 menit

Ini Penyebab Tenggorokan Kering!

Setiap orang pasti pernah mengalami tenggorokan kering karena perubahan cuaca panas atau rasa haus tanpa minum, namun jika tenggorokan kering terjadi secara rutin dalam jangka waktu yang lama (jangka panjang), maka kita bisa mencurigainya suatu penyakit yang serius. Dibalik keluhannya.

Gejala lain yang menyertai tenggorokan kering antara lain batuk, nyeri badan, pilek (pilek), diare, mual, muntah, dan demam. Hal ini tergantung dari penyebab tenggorokan kering yang sangat penting untuk diketahui karena nantinya akan menentukan pengobatan yang tepat.

Tenggorokan kering seringkali disebabkan oleh paparan udara panas pada cuaca kering atau saat musim kemarau. Kedua kondisi ini menyebabkan kulit kering dan tubuh juga mudah mengalami dehidrasi akibat penguapan tubuh di lingkungan bersuhu tinggi.

Segala sesuatu yang kita makan atau minum selalu melewati tenggorokan. Jadi berhati-hatilah jika ada makanan tertentu yang menyebabkan tenggorokan kering. Hal ini sering terjadi ketika seseorang menggunakan diuretik seperti kafein (kopi, teh) dan alkohol. Zat-zat tersebut menyebabkan tubuh kehilangan sejumlah cairan dengan meningkatkan frekuensi buang air kecil atau volume urin, dan hal ini secara tidak langsung menyebabkan tenggorokan kering.

Cara Mengatasi Tenggorokan Kering Secara Alami, Mudah Dilakukan Di Rumah

Iritasi tenggorokan juga memberikan sensasi tenggorokan kering. Paparan udara kering dapat mengiritasi lapisan tenggorokan dan menyebabkan dehidrasi. Paparan asap rokok, debu dan polutan udara lainnya juga dapat menyebabkan iritasi. Orang yang mengalami hal ini biasanya merasa kering dan semakin parah di pagi hari.

Tenggorokan kering juga dapat menyebabkan penyakit yang mendasari seperti apnea tidur obstruktif, sejenis gangguan tidur di mana pernapasan terhenti karena adanya penyumbatan pada saluran udara.

Masalah pada amandel berupa infeksi, tumor, luka atau kanker dapat menyebabkan pembengkakan amandel, pembengkakan amandel ini menghalangi air liur untuk membasahi tenggorokan sehingga menyebabkan tenggorokan kering.

Penyebab Tenggorokan Sering Terasa Kering

Teh herbal seperti kamomil, sage, akar licorice, dan kayu putih memiliki efek menenangkan pada tenggorokan, jadi ada baiknya Anda mencoba meredakan tenggorokan kering.

Obat Gatal Tenggorokan Di Apotik Paling Ampuh

Salah satu cara mengatasi tenggorokan kering yang paling mudah adalah dengan meminum air hangat, air putih, atau secangkir teh hijau atau teh kamomil. Kedua teh ini ideal untuk menenangkan tenggorokan kering dan iritasi. Jika tenggorokan kering disertai batuk, menambahkan sedikit madu dan jus lemon ke dalam teh akan memberikan hasil yang sangat baik.

Berkumur adalah cara terbaik untuk menyembuhkan tenggorokan kering dan gatal. Anda bisa berkumur dengan satu sendok makan cuka sari apel dalam segelas air. Kombinasi ini akan membantu Anda membunuh bakteri penyebab tenggorokan kering. Untuk meningkatkan khasiatnya, tambahkan juga madu secukupnya.

Saat tenggorokan Anda kering akibat udara kering, solusi terbaiknya adalah dengan menggunakan humidifier di kamar Anda. Anda dapat menggunakan pelembab ruangan sesuai kebutuhan di siang hari atau saat Anda tidur di malam hari.

Menjaga tubuh Anda tetap bugar adalah cara yang bagus untuk mengatasi tenggorokan kering. Air minum berperan sebagai pelumas dan melembabkan tenggorokan. Anda harus minum setidaknya 8 gelas air setiap hari.

Alarm Bahaya, Gak Cuma Haus, Tenggorokan Kering Juga Bisa Jadi Pertanda Penyakit Ini, Waspada

Salah satu cara terbaik mengatasi tenggorokan kering dan iritasi adalah dengan berkumur dengan air garam hangat. Berkumurlah dua kali sehari selama 30-60 detik. Awalnya tidak terasa asin, namun lama kelamaan menjadi manis karena terbebas dari keluhan-keluhan yang mengganggu.

Tenggorokan kering sering terjadi pada orang yang bernapas melalui mulut saat tidur. Mempraktikkan teknik pernapasan yang benar setelah berkonsultasi dengan spesialis tidur penting untuk mengurangi gejala tenggorokan kering pada individu tersebut.

Untuk mencegah tenggorokan kering, sebaiknya hindari minuman berkafein karena dapat menyebabkan dehidrasi dan memperburuk kondisi. Selain itu, bahan iritan seperti asap rokok, polusi, dan asap bahan kimia juga harus dihindari sebisa mungkin.

Penyebab Tenggorokan Sering Terasa Kering

Tim editorial berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja sama dengan dokter dan perawat

Pilek Dan Tenggorokan Kering, Gejala Covid 19 Atau Pengaruh Cuaca? Halaman All

Tenggorokan sering terasa berlendir, kenapa tenggorokan sering terasa kering, apa penyebab tenggorokan sering kering, tenggorokan terasa kering, tenggorokan sering terasa panas, tenggorokan sering terasa kering, penyebab tenggorokan terasa kering, sering sendawa dan tenggorokan terasa mengganjal, apa penyebab tenggorokan terasa kering, tenggorokan terasa mengganjal dan sering bersendawa, penyebab tenggorokan sering kering, penyebab tenggorokan selalu terasa kering

Leave a Comment