Penyebab Gatal Di Seluruh Tubuh

Penyebab Gatal Di Seluruh Tubuh – Penyebab Bercak Kulit Merah dan Gatal Tanggal Posting: 24 Agustus 2019 Terakhir Diperbarui: 12 Oktober 2020 Revisi 23 Maret 2020 Waktu Baca: 3 menit

Munculnya bintik-bintik merah di kulit dan disertai rasa gatal tentu menimbulkan kekhawatiran. Pasalnya, rasa gatal yang terjadi kerap mengganggu aktivitas sehari-hari. Situasi teduh ini bahkan mungkin membuat Anda bertanya-tanya apa penyebabnya.

Penyebab Gatal Di Seluruh Tubuh

Penyebab Gatal Di Seluruh Tubuh

Nah, bintik merah pada kulit disertai rasa gatal bisa muncul karena berbagai sebab, seperti efek infeksi, panas, alergi, gangguan sistem imun, atau obat-obatan. Kondisi payudara yang memerah dan gatal ini sering muncul di wajah, tangan, dan kaki. Namun tidak menutup kemungkinan bintik merah tersebut juga bisa muncul di tubuh atau bagian tubuh lainnya.

Badan Gatal Gatal Tanpa Sebab Bisa Jadi Karena 3 Kondisi Berikut Ini

Penyebab paling umum munculnya bintik merah pada kulit disertai rasa gatal adalah gigitan serangga. Berbagai serangga penyebab bintik merah dan gatal pada kulit antara lain nyamuk, semut, kutu rumah, tungau, dan laba-laba. Selain rasa lelah, kondisi ini juga disertai rasa nyeri dan bengkak pada area yang terkena gigitan serangga.

Dermatitis kontak adalah penyebab umum yang menyebabkan munculnya bercak merah dan gatal pada kulit. Dermatitis kontak terjadi akibat kontak langsung dengan zat penyebab alergi atau iritasi, seperti sabun, kosmetik, parfum, perhiasan, atau tanaman.

Dermatitis atau disebut juga eksim tidak hanya terjadi pada bayi atau anak-anak saja, orang dewasa juga bisa mengalaminya. Dermatitis atopik biasanya muncul dengan gejala kulit kering dan gatal, namun penyebab utamanya masih belum diketahui.

Namun faktor genetik dan lingkungan yang tidak jelas dapat menyebabkan berkembangnya dermatitis atopik. Jika Anda memiliki gejala yang sama dengan dermatitis atopik, Anda dapat mengatasi kondisi tersebut dengan krim kortikosteroid atau obat lain sesuai anjuran dokter.

Gatal Di Kulit, Apa Sebabnya?

Kurap sering juga disebut kurap, dimana kurap merupakan infeksi jamur menular yang dapat menyebar ke banyak bagian tubuh. Area tubuh yang sering terserang jamur antara lain kulit kepala, bawah payudara, sekitar lengan, perut, dan kaki.

Ada beberapa gejala yang menjadi tanda penyakit kurap, yaitu bercak merah pada kulit disertai rasa gatal, kulit terlihat bersisik dan menebal, serta muncul luka di permukaannya. Untuk mengobati kurap atau kurap, Anda cukup menggunakan krim antijamur. Namun, Anda juga bisa menggunakan obat antijamur dalam bentuk tablet sesuai anjuran dokter.

Kudis atau sering disebut scabies adalah suatu kondisi kulit gatal yang disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabiei. Saat Anda menderita kudis, Anda akan merasakan gejala seperti ruam dan rasa gatal yang parah, terutama pada malam hari. Jika Anda terus mengelupas kulit atau area yang terkena, luka infeksi bisa timbul. Anda bisa menggunakan salep atau krim untuk mengobati kudis.

Penyebab Gatal Di Seluruh Tubuh

Cara paling ampuh untuk mencegah munculnya bintik merah pada kulit disertai rasa gatal adalah dengan mengetahui penyebabnya. Karena jika Anda memahami penyebabnya, Anda bisa dengan mudah menghindarinya agar tidak muncul bintik-bintik merah di kulit Anda yang disertai rasa gatal.

Penyakit Autoimun Kulit Meningkat Selama Pandemi Covid 19, Ketahui Macam Dan Gejalanya Halaman All

Selain itu, untuk mengatasi rasa gatal dan bintik merah pada kulit, Anda harus mengikuti pengobatan yang dianjurkan oleh dokter. Tujuannya untuk mencegah kondisi semakin parah sekaligus mencegah kudis kembali. Anda juga harus menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Di bawah ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah munculnya bintik merah pada kulit disertai rasa gatal, yaitu:

Bagaimanapun, disarankan untuk menemui dokter jika Anda mengalami bintik-bintik merah dan gatal pada kulit, meskipun kondisinya terus berlanjut dan memburuk. Sebab, dengan mengetahui penyebab munculnya bintik merah dan gatal pada kulit, Anda bisa menjalani pengobatan yang tepat.

Tim editorial berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja sama dengan dokter dan profesional kesehatan dan menggunakan sumber terpercaya dari perusahaan terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses pengeditan kami di sini.

10 Alasan Kulit Gatal Tak Terkendali dan Cara Meredakannya American Academy of Dermatology. (Diakses melalui: https://www.aad.org/public/everyday-care/itchy-skin/itch-relief/relieve-uncontrollably-itchy-skin)

Cara Menghilangkan Gatal Pada Kulit Yang Tak Kunjung Sembuh

Artikel ini hanya untuk informasi kesehatan dan bukan diagnosis medis. Sebaiknya Anda terus berkonsultasi langsung dengan dokter yang ahli di bidangnya.

Konten ini ditulis atau direview oleh ahli kesehatan dan memiliki setidaknya tiga referensi dan sumber terpercaya.

Tim editorial berkomitmen untuk menyediakan konten yang akurat, komprehensif, mudah dipahami, terkini dan efektif. Anda dapat membaca proses editorial selengkapnya di sini.

Penyebab Gatal Di Seluruh Tubuh

Jika anda mempunyai pertanyaan atau komentar mengenai artikel kami, anda dapat WhatsApp 0821-2425-5233 atau kirimkan email ke [email protected]8 Penyakit Kulit Umum yang Viral Tanggal Diposting: 22 Februari 2019 Terakhir Diperbarui: 4 Februari 2022 . Dilihat pada 13 Juli 2019. Waktu membaca: 5 menit

Kondisi Kulit Gatal Yang Tidak Boleh Digaruk Beserta Alasannya

Kulit merupakan pertahanan utama tubuh terhadap paparan dunia luar. Sebagai garis pertahanan pertama tubuh, kulit seringkali terinfeksi berbagai mikroorganisme, seperti bakteri, jamur, atau virus. Akibatnya banyak penyakit yang bisa timbul, termasuk penyakit kulit yang disebabkan oleh virus, yang paling umum terjadi.

Karena penyebarannya lebih luas, penyakit kulit akibat virus dianggap lebih serius dan memerlukan pengobatan tambahan. Seringkali, kulit yang terinfeksi ditandai dengan ruam merah atau luka dan lecet.

Namun kondisi kulit seperti ini bisa disebabkan oleh banyak hal lainnya. Akibatnya penyakit ini dianggap sebagai penyakit kulit biasa sehingga pengobatannya tidak tepat atau terlambat

Inilah sebabnya mengapa memahami penyakit kulit yang disebabkan oleh virus sangatlah penting. Setelah diketahui, pengobatan dapat dilakukan lebih awal sehingga mengurangi risiko perkembangan penyakit.

Bentol Merah Banyak

Herpes adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh virus yang disebut HSV. Ruam bisa muncul di mana saja di tubuh, tapi paling sering di sekitar mulut dan area genital. Oleh karena itu, penyakit ini terbagi menjadi dua subkategori, yaitu herpes mulut (labialis) dan herpes sublingual yang menyerang daerah hati.

Gejala penyakit herpes ditandai dengan lepuh pada kulit, mulut, atau area genital, disertai nyeri dan gatal pada area tersebut, badan lemas, demam, dan pembengkakan pada persendian di sekitar area lepuh. Jika lepuh ini pecah maka akan menjadi luka (ses) yang menimbulkan rasa nyeri seperti terbakar.

Orang dengan kebiasaan seksual yang tidak sehat, seperti berganti-ganti pasangan dan memiliki daya tahan tubuh yang lemah, merupakan faktor risiko utama tertular penyakit ini. Oleh karena itu, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter mengenai riwayat kesehatan dan gejala yang Anda alami agar herpes simpleks dapat diobati dengan baik.

Penyebab Gatal Di Seluruh Tubuh

Herpes zoster merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh virus sejenis cacar air dan herpes simpleks yaitu HSV. Awalnya seseorang akan terkena cacar air sebelum virus HSV hidup di dalam tubuhnya dan kemudian menyebabkan zoster.

Berbagai Jenis Penyakit Psoriasis Dan Cara Menanganinya

Gejala herpes zoster ditandai dengan munculnya ruam merah yang diikuti dengan lepuh yang terasa gatal pada bagian tubuh tertentu, terutama pada punggung, leher, atau wajah.

Penyakit ini biasanya ditemukan pada orang dewasa berusia di atas 60 tahun yang pernah menderita cacar air. Selain itu, mereka yang menderita penyakit yang menekan sistem kekebalan tubuh, seperti AIDS atau kanker, juga berisiko terkena penyakit ini.

Penyakit kulit akibat virus atau dikenal dengan cacar air atau cacar air merupakan salah satu penyakit kulit yang sering menyerang anak-anak. Orang dewasa biasanya mengalami lebih sedikit, namun jika mengidap penyakit ini, gejalanya mungkin lebih banyak dibandingkan anak-anak.

Jarang sekali seseorang terkena cacar air dua kali. Bagi mereka yang pernah menderita cacar air saat masih kecil, maka ketika sudah besar nanti akan memiliki kekebalan lebih terhadap penyakit ini.

Cara Mengatasi Gatal Pada Tubuh Berdasarkan Penyebabnya

Gejala cacar air ditandai dengan munculnya lepuh merah dan gatal di sekujur tubuh, seringkali disertai demam tinggi, nyeri, pusing, dan kurang nafsu makan. Anak-anak di bawah usia 12 tahun berisiko tertular cacar air, meskipun teman atau kerabatnya di sekolah sudah pernah mengidapnya.

Campak merupakan salah satu penyakit menular virus yang sangat populer di Indonesia dan juga termasuk dalam sepuluh besar penyakit penyebab kematian anak dibawah usia lima tahun di Indonesia. Penyakit ini ditandai dengan munculnya ruam merah di sekujur tubuh, didahului dengan suhu tinggi, gejala mirip flu (sakit tenggorokan, pilek atau hidung tersumbat) dan muncul bercak putih abu-abu di mulut.

Campak dapat menular melalui droplet yang dihasilkan oleh batuk atau bersin. Secara umum penyakit ini cenderung menyerang anak-anak dan anak kecil, terutama mereka yang tidak mendapatkan vaksinasi, namun hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa orang dewasa juga dapat terkena virus ini.

Penyebab Gatal Di Seluruh Tubuh

Kabar baiknya adalah orang yang pernah menderita campak dan sembuh mempunyai kekebalan yang lebih besar terhadap penyakit tersebut. Dengan kata lain, risiko kekambuhan campak cenderung menurun.

Apa Bedanya Eksim Dan Infeksi Kulit

Rubella merupakan penyakit akibat infeksi virus yang menyerang kulit dan kelenjar getah bening. Penyakit yang disebut juga campak Jerman ini biasanya menyerang anak-anak dengan gejala mirip campak, namun lebih parah.

Virus rubella juga bisa menyerang orang dewasa dan dampaknya bisa lebih parah. Bahkan pada wanita di bawah usia 5 bulan, virus ini dapat menyebabkan infeksi rubella kongenital yang dapat membahayakan anak bahkan menyebabkan cacat lahir.

Oleh karena itu, penting untuk memberikan vaksinasi dan imunisasi pada anak untuk mengurangi risiko penularan rubella. Hindari kontak dengan orang sakit, jaga pola makan sehat dan istirahat yang cukup, segera hubungi dokter jika muncul gejala rubella.

Penyakit kulit akibat virus ini adalah salah satu penyakit yang paling mudah dikenali. Bakteri Molluscum contagiosum yang menyerang kulit menyebabkan timbulnya bintil atau papul pada kulit, bagian atasnya menjorok atau tampak seperti bintik pada bagian tengahnya.

Cara Mengatasi Gatal Gatal Pada Tubuh

Nodul ini biasanya keras dan berisi cairan serta tidak dapat dirasakan. Namun jika rusak, virus akan menyebar dan menyebabkan kerusakan pada kulit di sekitarnya.

Moluscom contagiosum biasanya menyerang anak-anak dan menyebar melalui kontak fisik dengan penderita. Meski mudah menular, penyakit ini tidak menyerang bagian tubuh lain dan bisa disembuhkan dengan sendirinya. Bagi orang dengan daya tahan tubuh yang baik, biasanya dibutuhkan waktu 6-18 bulan untuk menyembuhkan penyakitnya.

Penyakit

Penyebab Gatal Di Seluruh Tubuh

Penyebab kesemutan di seluruh tubuh, obat gatal di seluruh tubuh, bruntusan gatal di seluruh tubuh, terasa gatal di seluruh tubuh, gatal di seluruh tubuh, bentol gatal di seluruh tubuh, penyebab rasa gatal di seluruh tubuh, penyebab gatal di seluruh bagian tubuh, penyebab gatal gatal di seluruh tubuh, apa penyebab gatal seluruh tubuh, apa penyebab gatal gatal di seluruh tubuh, penyebab gatal seluruh tubuh

Leave a Comment