Oli Mesin Satria 2 Tak Yang Bagus

Oli Mesin Satria 2 Tak Yang Bagus – 90 () – Sepeda motor 2 tak mungkin sudah jarang ditemui di pasaran saat ini, namun masih banyak peminatnya, terutama di kalangan anak muda yang tertarik dengan sepeda motor klasik.

Bagi Anda yang memutuskan untuk menggunakan sepeda motor 2 tak sebagai kendaraan sehari-hari, pemilihan oli mesin sangatlah penting untuk menjaga performa mesin tetap optimal.

Oli Mesin Satria 2 Tak Yang Bagus

Oli Mesin Satria 2 Tak Yang Bagus

Pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa tips penting dalam memilih oli untuk mesin sepeda motor 2 tak dan pentingnya menggantinya secara berkala.

Satu Paket 2 Botol Oli Motor Federal Ultratech 0,8l 20w 50 4t . Oli Mesin Motor Bebek Honda Revo Kirana Supra X Supra Xx Sonic Karisma Blade Cs 1 Astrea Series Grend Legenda 1

Meski sebagian besar pabrikan kini sudah beralih ke sepeda motor 4 tak, namun pada era 80an dan 90an, 2 tak mendominasi jalanan dengan banyak legenda seperti Kawasaki Ninja R 150, Suzuki Satria 150, Yamaha RX-King atau Yamaha F1ZR.

Berbeda dengan sepeda motor 4 tak, sepeda motor 2 tak memerlukan dua jenis oli: oli mesin dan oli samping.

Oli samping pada sepeda motor 2 tak juga memegang peranan yang tak kalah penting. Oli ini digunakan untuk melumasi piston, dinding silinder, poros engkol, dan batang piston.

Oli samping sangat penting karena jika sepeda motor 2 tak kehabisan oli samping, dapat menyebabkan mesin mati dan menyebabkan kerusakan parah.

Jangan Anggap Sepele, Ini Penyebab Oli Mesin Cepat Menghitam Walau Baru Diganti

Meskipun mesin dua tak mungkin tidak sepopuler dulu, bagi penggemar sepeda motor klasik, menjaga mesin tetap berjalan tetap menjadi prioritas utama.

Memilih oli mesin yang tepat dan menggantinya secara berkala merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga performa sepeda motor 2 tak Anda agar tetap optimal dan awet dalam jangka waktu yang lama.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda bisa memilih oli mesin yang tepat untuk kebutuhan sepeda motor 2 tak Anda. Seperti biasa, sepeda baru saya mendapat 5 servis gratis dan 3 oli gratis. Karena motor saya dari Suzuki, oli alaminya SGO (Suzuki Genuine Oil).

Oli Mesin Satria 2 Tak Yang Bagus

SGO mempunyai spesifikasi kekentalan 20W-50 API SG JASO MA, CMIIW. Harga dari bengkel resmi terakhir tempat saya membelinya pada bulan Februari 2012 adalah Rs 30.000 untuk 900cc/ml. Kenapa saya beli yang 900 cc? Karena biasanya saya juga mengganti filter oli. Kalau ganti oli tanpa mengganti filter, yang dibutuhkan hanya 800 cc. Jika Anda melepas mesinnya, Anda membutuhkan 1 liter. Untuk memudahkan penggunanya, Suzuki menyediakan SGO dalam tiga jilid.

Jual Motul 4t H Tech 10w40 1l

Ini pertama kalinya saya menggunakan minyak SGO. Faktanya walaupun motor saya sebelumnya adalah Suzuki FD110 alias Shogun 110 alias Shogun kebo, saya menggunakan oli Supersyn 20W-50 atau Enduro 20W-50.

Setiap ganti oli pasti terasa mual. Saya selalu ganti oli setiap 2000 km. Setiap pulang servis dan ganti oli pasti mesinnya mogok. Aneh bukan?!

Setelah berjalan beberapa puluh kilometer, dia merasa sedikit lebih baik. Jika anda mengendarai sepeda motor pada siang hari saat cuaca panas, apalagi di jalan yang cukup ramai, mesin akan terasa sangat panas hingga kaki anda (yang pasti pakai sendal saja, kaki jelek). Tarikannya juga terasa berat.

Bahkan menghidupkan mesin di pagi hari pun agak sulit. Hal ini harus dibantu dengan membuka sedikit peredam udara atau throttle gas. Setelah beberapa detik, throttle dapat ditutup.

Jual Oli Mesin 2 Tak Terbaik

Tapi Anda tetap bisa membawa minyak ini saat perjalanan jauh. Setelah servis kedua saya langsung berkendara pulang ke Purvokerto, jarak 250 km. Tidak ada kendala serius. Baru setelah ganti oli merk lain saya merasakan perbedaannya. 50.

Yang lebih aneh lagi adalah minyak ini terasa sedikit lebih enak jika sudah waktunya diganti. Menjelang pemakaian 2000km, oli ini jadi lebih mudah digunakan. Sekali lagi, ini hanya perasaan saya.

Nah, setelah dibukanya Internet. Banyak ilmu baru yang saya peroleh. Diantaranya juga ada oli yang cocok untuk jenis sepeda motor saya. Saya akhirnya memberanikan diri untuk beralih ke oli lain. Ini oli merk apa? Tunggu saja artikel saya berikutnya.

Oli Mesin Satria 2 Tak Yang Bagus

Leave a Comment