Nyeri Di Bagian Dada Atas Sebelah Kiri

Nyeri Di Bagian Dada Atas Sebelah Kiri – 1. Serangan jantung 2. Penyakit jantung koroner 3. Perikarditis 4. Penyakit jantung 5. Hernia hiatus 6. Gangguan panik 7. GERD 8. Pneumonia 9. Pneumotoraks 10. Kanker paru-paru 11. Cedera dada

Nyeri di dada kiri bisa menjadi gejala adanya masalah kesehatan yang serius. Dimulai dengan menunjukkan masalah pada jantung, paru-paru, dan sistem pencernaan.

Nyeri Di Bagian Dada Atas Sebelah Kiri

Nyeri Di Bagian Dada Atas Sebelah Kiri

Seperti dilansir situs Cleveland Clinic, ada banyak penyebab nyeri dada sebelah kiri dan bukan hanya serangan jantung. Bisa juga disebabkan oleh masalah pada paru-paru, pembuluh darah, sistem pencernaan, serta otot dan tulang.

Sama Sama Nyeri Dada, Ini Bedanya Serangan Jantung Dan Gerd

Jika berhubungan dengan jantung, nyeri dada kiri bisa terasa kuat dan tajam, seperti tertekan. Rasa mual juga bisa menyertai rasa sakit ini jika ada masalah pada pencernaan.

Untuk masalah paru-paru, gejala nyeri dada sebelah kiri mungkin menyertai sesak napas. Selain itu, nyeri dada di area ini juga bisa disebabkan oleh cedera pada tulang dan otot.

Ada berbagai masalah atau penyakit yang dapat menyebabkan nyeri dada sebelah kiri. Dikutip dari baris berikut:

Beberapa kondisi ini bisa dimulai dengan nyeri dada ringan yang perlahan meningkat. Serangan jantung juga bisa ditandai dengan nyeri yang tiba-tiba dan parah di dada kiri atau tengah.

Jangan Anggap Remeh Sakit Perut Sebelah Kiri, Ini Alasannya

Gejala serangan jantung berbeda-beda pada setiap orang. Orang dengan kondisi ini juga bisa merasa normal; Dada terasa sesak, nyeri pada lengan kiri atau kanan, nyeri ulu hati, mual, muntah, nyeri pada leher, punggung, dan perut.

Nyeri pada dada sebelah kiri dapat disebabkan oleh penyakit angina. Dimana dada terasa berat dan tertekan akibat kurangnya pasokan oksigen dari darah ke otot jantung. Angina seringkali merupakan gejala penyakit jantung koroner.

Angina biasanya disertai nyeri dada yang tidak nyaman; Nyeri di lengan kiri, bahu kiri, leher sebelah kiri, dan rahang kiri. Terkadang bek kiri juga mengalami depresi.

Nyeri Di Bagian Dada Atas Sebelah Kiri

Perikarditis adalah suatu kondisi dimana perikardium, area sekitar jantung, mengalami peradangan atau inflamasi. Kondisi ini kemudian dapat menyebabkan nyeri mendadak di dada bagian kiri atau tengah. Anda mungkin merasakan sakit di salah satu atau kedua bahu.

Penyebab Sakit Perut Kiri Atas, Kenali Gejalanya

Kardiomiopati adalah penyakit otot jantung atau pembesaran jantung. Kondisi ini bisa tidak menunjukkan gejala dan dapat menyebabkan nyeri pada dada sebelah kiri. Gejala lain yang dialami pengidap penyakit ini antara lain sesak napas, pusing dan kepala terasa ringan, jantung berdebar, mudah lelah, serta pembengkakan pada kaki, lengan, dan perut.

Hernia hiatus terjadi ketika bagian atas lambung mendorong otot besar antara lambung dan diafragma. Kondisi ini mengurangi aliran darah ke lambung.

Penderita hernia seringkali mengalami kesulitan menelan. Selain itu, kondisi ini juga dapat menimbulkan gejala seperti nyeri perut, nyeri pada area ulu hati, dan muntah makanan dari mulut.

Serangan panik bisa terjadi secara tiba-tiba dan cenderung mencapai puncaknya dalam waktu 10 menit. Serangan panik sangat mirip dengan serangan jantung, karena sering kali menyebabkan nyeri dan sesak di dada.

Blog: Medical Articles 2022

Selain nyeri di dada kiri, gejala seperti serangan panik juga bisa terjadi; Mengalami sesak napas, detak jantung cepat, gemetar, pusing, berkeringat, mual, dan rasa takut yang hebat.

Orang dengan refluks asam mungkin mengalami nyeri dada dan ketidaknyamanan karena kadar asam di perut mereka naik ke kerongkongan. Selain itu, seseorang juga bisa mengalami sensasi terbakar di perut dan dada bagian atas, serta rasa asam di mulut.

Kondisi asam lambung yang parah dapat berkembang menjadi penyakit refluks gastroesofageal (GERD). Gejala utama GERD biasanya berupa sakit perut, batuk, sesak napas, dan kesulitan menelan.

Nyeri Di Bagian Dada Atas Sebelah Kiri

Nyeri dada kiri yang tiba-tiba, yang mungkin memburuk saat bernapas atau batuk, mungkin merupakan tanda pneumonia. Anda sebaiknya berhati-hati dengan kondisi ini, terutama jika Anda baru saja menderita penyakit bronkitis atau flu.

Gejala Penyakit Jantung Yang Sering Tidak Disadari

Batuk disertai lendir, demam, menggigil, sesak napas, sakit kepala, kelelahan, dan kehilangan nafsu makan adalah gejala lain dari pneumonia.

Nyeri dada sebelah kiri dan kanan yang tiba-tiba juga bisa menjadi tanda paru-paru kolaps atau pneumotoraks. Gejala lain dari kondisi ini meliputi; Sesak napas, napas cepat atau jantung berdebar, kulit membiru, batuk kering, bahkan kelelahan.

Nyeri dada juga bisa menjadi gejala kanker paru-paru. Gejala lain yang mungkin dialami oleh orang yang terkena penyakit ini termasuk batuk berlendir atau darah, nyeri bahu atau punggung, sesak napas, serangan bronkitis atau pneumonia berulang, serta kehilangan nafsu makan dan penurunan berat badan. Beberapa gejala ini tidak terlihat pada tahap awal kanker paru-paru.

Selain yang telah disebutkan sebelumnya, nyeri pada dada sebelah kiri juga bisa disebabkan oleh adanya otot yang tertarik, tegang, atau terkilir pada dada atau sela-sela tulang rusuk.

Petanda Masalah Jantung

Tak hanya itu, cedera pada bagian dada pun disebut-sebut bisa menimbulkan rasa sakit. Termasuk memar pada dinding dada, tulang dada, dan tulang rusuk retak. Rasa pegal ini juga bisa dirasakan saat menarik napas dalam atau batuk.

Ada sejumlah penyakit dan kondisi yang bisa menyebabkan nyeri pada dada kiri. Untuk mengetahui penyebab sebenarnya dari nyeri dada yang dialami, sensor dapat berkonsultasi dengan dokter, dan bagian bawah dada menyebar hingga ke tulang rusuk, dan Anda perlu mengetahui penyebabnya. Inilah Sederet Masalah Kesehatan!

Apakah Anda mengalami nyeri dada akhir-akhir ini? Jangan diabaikan, oke! Apalagi rasa sakitnya berlangsung lama dan menimbulkan gejala tidak menyenangkan lainnya.

Nyeri Di Bagian Dada Atas Sebelah Kiri

Anda perlu mengetahui alasannya sekaligus memahami bahayanya agar lebih berhati-hati. Lantas, kenapa payudara kiri bawah terasa sakit?

Penyebab Nyeri Dada Kanan Dan Kiri Yang Bisa Hilang Timbul

Di bawah ini beberapa gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan nyeri dada kiri menjalar hingga payudara bagian bawah dekat tulang rusuk.

Nyeri yang menjalar di dada kiri mungkin menandakan adanya cedera pada payudara kiri. Kulit di sekitar payudara sangat sensitif namun melindungi banyak saraf, pembuluh darah, jaringan ikat, dan saluran susu. Lesi tersebut dapat menyebabkan nyeri pada payudara kiri.

Pada ibu menyusui, infeksi pada saluran susu (mastitis) seringkali menyebabkan nyeri payudara. Biasanya diikuti dengan pembengkakan, rasa terbakar dan kemerahan pada payudara.

Penyebab lainnya termasuk operasi rekonstruktif atau pembesaran payudara. Selain rasa sakit yang semakin parah, kumpulan nanah (abses) juga bisa terbentuk dan memerlukan pembedahan untuk mengobatinya.

Nyeri Dada: Kenali Perbedaan Jantung Dan Asam Lambung

Seperti yang dikatakan Dr. Theresa Reina Unita bahwa nyeri dada merupakan gejala serangan jantung. Ini karena otot jantung tersumbat dan tidak mendapat cukup darah kaya oksigen.

Penyakit jantung lainnya seperti perikarditis (radang perikardium) atau kardiomiopati (penyakit otot jantung) juga dapat menyebabkan nyeri pada dada kiri.

“Nyeri atau rasa tidak nyaman di dada kiri, seperti terbentur benda berat, bisa menjalar ke lengan kiri, bahu kiri, leher, atau dagu. Oleh karena itu, nyeri di dada sebelah kiri juga bisa menjalar ke area dekat tulang rusuk. di bawah payudara,” kata dokter Theresia

Nyeri Di Bagian Dada Atas Sebelah Kiri

Peradangan pada lapisan lambung (gastritis) dapat menyebabkan nyeri pada perut bagian atas. Rasa sakitnya bisa menjalar ke dada kiri atau area di bawah payudara.

Penyebab Payudara Sebelah Kiri Terasa Nyeri Yang Wajib Diwaspadai

Kecelakaan dapat mematahkan tulang rusuk yang melindungi dada Anda. Kondisi ini bisa menimbulkan nyeri di dada sebelah kiri, bawah payudara, dan dekat tulang rusuk, terutama saat menarik napas dalam-dalam.

Selain patah tulang rusuk, kecelakaan juga dapat menyebabkan robeknya otot dada kiri. Anda mungkin merasakan bengkak, memar, dan nyeri di sisi kiri dada.

Jika tidak ditangani, patah tulang rusuk dapat menyebabkan gangguan pernapasan. Akan sulit untuk bekerja karena Anda tidak dapat bergerak dengan baik.

Kanker paru-paru dapat menyebabkan nyeri dada saat batuk, tertawa, atau menarik napas dalam. Jika tidak diobati, sel kanker di paru kiri dapat menyebar dan merusak organ dan jaringan tubuh.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Sakit Dada Sebelah Kiri

Pneumonia atau radang paru-paru akibat infeksi juga bisa menyebabkan nyeri pada dada kiri. “Bisa terjadi gangguan pernafasan (kesulitan bernapas), demam, batuk dan gejala lainnya,” jelas dokter. Ada.

Untuk mengetahui penyebab nyeri dada yang Anda alami, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Jadi, konsultasikan ke dokter mengenai kondisi ini ya!

Anda dapat mencoba fitur Tanya Dokter di aplikasi untuk menemui dokter untuk kemudahan konsultasi. Jangan anggap remeh masalah kesehatan mulai sekarang #stayhealthy!

Nyeri Di Bagian Dada Atas Sebelah Kiri

Meski demikian, Rimmerman mengingatkan kita untuk tidak mengabaikan nyeri dada yang muncul. Mengingat selalu ada kemungkinan serangan jantung pada nyeri dada, maka nyeri dada apa pun perlu diwaspadai.

Penyebab Sakit Dada Sebelah Kiri

Beberapa jenis nyeri dada, terutama yang berlangsung setidaknya selama lima menit, memerlukan pertolongan darurat segera.

Gejalanya mungkin termasuk nyeri dada dan sesak napas yang tidak diketahui penyebabnya atau sebelumnya tidak diketahui penyebabnya, keringat dingin, mual, kelelahan, atau pusing. Selain di dada, nyeri, tekanan, atau ketidaknyamanan juga bisa menjalar ke lengan, punggung, dagu, leher, atau perut bagian atas.

“Peringatan, nyeri yang terus-menerus dan terus-menerus di area ini bisa menjadi tanda serangan jantung atau stroke,” kata Dr. Rimmerman.

Nyeri dada seringkali tidak menandakan serangan jantung. Sebuah studi tentang kunjungan ruang gawat darurat menemukan bahwa kurang dari 6% pasien dengan nyeri dada mengalami serangan jantung yang mengancam jiwa.

Penyebab Sakit Dada Sebelah Kanan Dan Cara Mengatasinya

Anda sedang duduk di meja dapur sambil menyeruput kopi ketika tiba-tiba nyeri dada menyerang Anda. Itu tajam, cepat dan menusuk.

Nyeri dada ini biasanya tidak menandakan serangan jantung – biasanya menyebabkan nyeri yang tidak berhenti selama beberapa menit.

Setiap kali Anda menarik napas dalam-dalam atau batuk, rasa sakit menjalar ke dada Anda, dan jika gerakan dan perubahan postur tubuh memperburuk keadaan, Anda mungkin mengalami masalah paru-paru.

Nyeri Di Bagian Dada Atas Sebelah Kiri

Hal ini lebih mungkin terjadi jika nyeri berpusat di sisi kanan dada, jauh dari jantung. Jadi, kemungkinan penyebabnya antara lain:

Rsup Dr. Sardjito

Jika Anda merasakan nyeri tajam di dada, namun membaik saat Anda sedikit bergerak atau berolahraga, bisa jadi itu adalah mulas atau masalah pencernaan lainnya.

Banyak orang mengalami

Leave a Comment