Kalkulator Kebutuhan Kalori Per Hari

Kalkulator Kebutuhan Kalori Per Hari – -Jika berbicara tentang kalori, banyak yang langsung mengasosiasikannya dengan lemak dan makanan tidak sehat. Padahal, dalam jumlah yang cukup, kalori dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi dalam tubuh. Kalori adalah satuan energi, bukan ukuran berat atau kepadatan nutrisi. Namun, energi dapat diatur oleh berbagai sumber energi seperti makanan.

Dalam makanan, terdapat tiga jenis zat gizi makro, yaitu lemak, protein, dan karbohidrat. 1 gram lemak mengandung 9 kalori, 1 gram protein, dan 1 gram karbohidrat mengandung 4 kalori.

Kalkulator Kebutuhan Kalori Per Hari

Kalkulator Kebutuhan Kalori Per Hari

Kebutuhan kalori pada pria dan wanita berbeda. Rata-rata pria membutuhkan 2.000-3.000 kalori per hari. Sedangkan wanita membutuhkan 1.600-2.400 kalori per hari. Satuan kalori sering disingkat cal. Namun pada kemasan pangan, satuan energi yang biasa ditulis adalah kilokalori (kkal). Satu kilokalori sama dengan 1.000 kalori.

Begini Cara Menghitung Kalori Dalam Membentuk Tubuh Ideal

Secara umum, Organisasi Pangan Dunia (FAO) merekomendasikan rata-rata orang dewasa mengonsumsi setidaknya 1.800 kalori per hari. Namun kenyataannya, jumlah kalori harian yang dibutuhkan setiap orang berbeda-beda menurut banyak faktor seperti jenis kelamin, usia, tinggi dan berat badan, serta aktivitas fisik.

Agar lebih mudah, Kementerian Kesehatan menyediakan cara menghitung jumlah kalori yang dibutuhkan dengan cara yang sangat sederhana, yaitu hanya bergantung pada jenis kelamin dan tinggi badan.

Setelah mengetahui angka BBI, selanjutnya yang perlu kita hitung adalah Kebutuhan Kalori Basal (BCR). KBB merupakan kebutuhan kalori yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsi dasarnya. Rumus menghitung angka KBB adalah sebagai berikut: – Ada beberapa cara untuk menghitung kebutuhan kalori harian. Beberapa di antaranya berdasarkan BMR menggunakan rumus Harris-Benedict berdasarkan perhitungan KKB sesuai instruksi Kementerian Kesehatan dan paling mudah menggunakan kalkulator kalori.

Sebelum mengetahui cara menghitungnya, mari kita pahami dulu apa itu kalori. Dalam nutrisi, kalori mengacu pada energi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi serta energi yang digunakan dalam olahraga. Jadi, kalori adalah satuan energi. Energi ini digunakan oleh tubuh untuk bergerak

Beragam Rekomendasi Program Diet Sehat Dan Alami Yang Cocok Untuk Anda

Sebagai seorang karyawan, baik Anda yang sering bekerja di belakang meja, karyawan pemasaran digital, atau sering melakukan aktivitas fisik seperti olahraga teratur, penting untuk mengetahui berapa banyak kalori yang Anda butuhkan setiap hari.

Agar tubuh bugar dan sehat, asupan kalori harus sesuai dengan kebutuhan tubuh. Terlalu banyak mengonsumsi kalori bisa membuat tubuh kekurangan gizi. Di saat yang sama, mengonsumsi terlalu banyak kalori meningkatkan risiko obesitas yang berujung pada penyakit lain.

Perbedaan usia menentukan seberapa banyak energi yang dibutuhkan tubuh, misalnya anak-anak dan remaja membutuhkan energi lebih banyak. Sementara itu, bentuknya tergantung pada seberapa aktif Anda dalam pekerjaan atau aktivitas sehari-hari. Kemudian ukuran tubuh mengacu pada tinggi dan berat badan, yang mempengaruhi seberapa cepat tubuh menggunakan energi.

Kalkulator Kebutuhan Kalori Per Hari

(BMR) atau Kebutuhan Kalori Basal (KKB) adalah jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh untuk mempertahankan fungsi organ vital dalam tubuh manusia tanpa adanya aktivitas fisik. Dengan kata lain, BMR menghitung jumlah minimal kalori yang dibutuhkan tubuh.

Jangan Sampai Salah, Berikut Kebutuhan Kalori Ibu Hamil Berdasarkan Trimesternya!

BMR = 66 + (13,7 × kg berat badan) + (5 × cm tinggi badan) – (6,8 × usia)

BMR = 655 + (9,6 × kg berat badan) + (1,8 × cm tinggi badan) – (4,7 × usia)

Setelah Anda mengetahui BMR Anda, hitung tingkat aktivitas fisik Anda untuk mengetahui total kebutuhan kalori harian Anda. Ini disebut TEE atau

Diketahui, wanita tersebut berusia 30 tahun dengan berat badan 60 kg dan tinggi 165 cm. Dalam seminggu, dia berolahraga satu atau dua kali. Jadi kalori yang dibutuhkan adalah:

Kebutuhan Kalori Tubuh

Berdasarkan perhitungan di atas, 1387 kalori adalah jumlah minimum kalori yang dibutuhkan per hari agar organ berfungsi dengan baik. Namun jumlah total kalori yang dibutuhkan untuk aktivitas sehari-hari adalah 1907 kalori.

Ada cara lain untuk menghitung kebutuhan kalori harian Anda. Perhitungan ini berdasarkan pedoman Kementerian Kesehatan RI. Proses perhitungannya adalah sebagai berikut.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, KKB adalah jumlah minimal kalori yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi tubuh saja. Sedangkan dalam keseharian kita sering melakukan berbagai aktivitas fisik. Oleh karena itu, untuk mengetahui jumlah kebutuhan kalori harian yang tepat, sebaiknya ditambahkan biji-bijian lain.

Kalkulator Kebutuhan Kalori Per Hari

Ibu rumah tangga berusia 42 tahun, tinggi 165 cm. Dalam kesehariannya, ia melakukan “aktivitas moderat” seperti mengerjakan pekerjaan rumah. Kebutuhan kalori harian Anda adalah:

Cara Defisit Kalori Yang Benar Beserta Cara Hitungnya

Kunjungi salah satu website dibawah ini dan isi data-data yang dibutuhkan lalu tekan enter. Maka secara otomatis Anda akan mengetahui berapa banyak kalori yang Anda butuhkan setiap harinya.

Website Hellosehat menyediakan kalkulator asupan kalori. Pilih jenis kelamin Anda, masukkan data tinggi badan, berat badan dan usia Anda, lalu pilih tingkat aktivitas fisik Anda dan klik Hitung.

Kalkulator.net adalah kalkulator kalori online lainnya yang dapat Anda gunakan. Sesuai perhitungan di atas, Anda perlu memasukkan data jenis kelamin, tinggi badan, berat badan, usia dan tingkat aktivitas fisik.

Di halaman hasil, Anda akan menerima jumlah kalori yang dibutuhkan yang dapat Anda gunakan sebagai panduan diet. Anda bisa mengetahui berapa banyak kalori yang perlu Anda makan setiap hari untuk mempertahankan, menurunkan, atau menurunkan berat badan.

Cara Diet Yang Benar Dengan Defisit Kalori

Meskipun variabel yang dicatat sama, namun hasil perhitungan pada kedua lokasi di atas berbeda. Namun jangan khawatir, kalkulator apa pun yang Anda gunakan, semua itu bisa dijadikan indikasi kebutuhan kalori harian Anda.

Untuk beraktivitas sehari-hari, orang kerap ragu menghitung kebutuhan kalori hariannya. Cukup diketahui bahwa asupan kalori harian yang dianjurkan adalah 2.500 kalori untuk pria dan 2.000 kalori untuk wanita.

Namun jika tujuan Anda adalah menambah, menurunkan, atau mempertahankan berat badan, mengetahui kebutuhan kalori harian Anda dapat sangat membantu Anda mencapai tujuan tersebut.

Kalkulator Kebutuhan Kalori Per Hari

Mengetahui kebutuhan kalori harian adalah langkah awal untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Setelah itu, memilih makanan untuk dimakan setiap hari juga tidak kalah pentingnya.

Cara Defisit Kalori

Cobalah makan makanan sehat seperti sayuran hijau; daging tanpa lemak seperti ayam, ikan dan daging merah; kacang kacangan; serat sereal; buah-buahan; dan air.- Manusia membutuhkan kalori sebagai sumber energi untuk menggerakkan bagian dan fungsi tubuh. Bahkan untuk aktivitas ringan seperti tidur, mencerna makanan, dan bernapas, manusia tetap membutuhkan kalori.

Untuk melakukan pekerjaannya dengan baik, jumlah kalori yang dibutuhkan per hari berbeda-beda pada setiap orang. Tampaknya makan berlebihan dalam hidup itu tidak baik. Jumlah kalorinya tetap sama

Salah satu cara untuk mengetahui kebutuhan kalori harian Anda adalah dengan menghitung BMR (Basal Metabolic Rate).

BMR adalah jumlah minimum kalori yang diperlukan untuk mempertahankan fungsi dasar tubuh seperti bernapas, memproduksi sel, dan istirahat (bernafas, memproduksi sel, dan istirahat).

Mengatur Jumlah Asupan Harian Dengan ‘kalkulator Kesehatan’

Para ilmuwan telah menemukan cara untuk menghitung BMR. Sebuah metode yang digunakan para ilmuwan untuk memperkirakan BMR dari Mifflin dan St. Geor.

Para ilmuwan telah mengembangkan kalkulator BMR berdasarkan usia, tinggi badan, berat badan dan jenis kelamin (pria atau wanita), berikut rinciannya:

Hasil perhitungan BMR yang dikalikan dengan tingkat aktivitas sehari-hari terbagi menjadi lima kategori yaitu menetap, aktif ringan, cukup aktif, sangat aktif, dan super aktif.

Kalkulator Kebutuhan Kalori Per Hari

Perpecahan tergantung pada kekuatan tubuh untuk melakukan gerakan. Setiap jenis aktivitas diwakili oleh nilai tetap atau konstan yang dikalikan dengan hasil BMR untuk memperoleh total kalori harian.

Analisis Kebutuhan Kalori Harian

Nah, menurut laporan di laman situs The Kalkulator, rumus menghitung jumlah total kalori yang dibutuhkan per hari adalah sebagai berikut.

Bagi sebagian dari kita yang ingin mengetahui kebutuhan kalori harian, perhitungan manual dengan menggunakan rumus mungkin terasa merepotkan. Jika Anda ingin mengetahuinya dengan mudah, Anda dapat menggunakan platform kalkulator BMR atau kalkulator BMR kami.

Bagi Anda yang baru mengenal bidang ini mungkin bertanya-tanya apa itu kalkulator BMR. Sederhananya, Kalkulator BMR adalah platform yang dirancang untuk menghitung jumlah kalori yang dibutuhkan berdasarkan suatu rumus.

Jadi dengan kalkulator BMR Anda tidak perlu khawatir menghitung secara manual jumlah kalori yang Anda butuhkan setiap hari. Anda perlu memasukkan indikator seperti tinggi badan, berat badan, usia, jenis kelamin dan tingkat aktivitas.

Pahami, Berapa Kebutuhan Kalori Harian Tubuh

Ada banyak situs kalkulator BMR online yang dapat diakses secara gratis termasuk situs kalkulator. Jika Anda tertarik menghitung kebutuhan kalori harian, berikut langkah-langkahnya.

Kemudian Anda akan melihat angka BMR dan total kebutuhan kalori harian Anda. Penting untuk diingat bahwa angka ini hanyalah perkiraan, dan tidak boleh dijadikan panduan dalam menentukan aktivitas tambahan untuk menjaga kebutuhan kalori.

Sebaiknya tetap gunakan rekomendasi ahli kesehatan atau dokter untuk menentukan tindakan selanjutnya. Demikian informasi cara menghitung kebutuhan kalori harian menggunakan website kalkulator BMR online, semoga bermanfaat. Situs web ini menggunakan cookie untuk memberi Anda situs web yang ramah pengguna, aman, dan efisien. Cookie browser Anda biasanya disetel ke “Izinkan semua cookie”. Jika Anda terus menjelajahi situs ini, Anda menyetujuinya. Silakan kunjungi kebijakan privasi kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang kebijakan privasi dan cookie kami

Kalkulator Kebutuhan Kalori Per Hari

Seringkali dikritik karena membuat Anda gemuk, padahal tubuh membutuhkan kalori. Namun, untuk menjaga berat badan tetap optimal, kalori harus dibakar sesuai kebutuhan. Yuk coba hitung jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh Anda.

Cara Menghitung Total Kebutuhan Kalori Harian: 7 Langkah

Anda pernah mendengar istilah kalori dan hubungannya dengan penurunan berat badan. Kalori bukanlah suatu hal yang nyata, melainkan suatu satuan ukuran. Kalori mengukur energi dalam makanan dan minuman yang kita konsumsi.

Kita semua membutuhkan energi ini untuk hidup dan tetap sehat. Untuk berfungsi, tubuh bergantung pada kalori untuk energi.

Makanan yang kita makan menyediakan bahan bakar bagi tubuh kita, namun tidak semua kalori itu menyehatkan. Jika lebih banyak kalori yang dikonsumsi, maka akan disimpan sebagai lemak di dalam tubuh. Meski tubuh membutuhkan lemak, namun terlalu banyak lemak dapat menimbulkan gangguan kesehatan.

Kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda. Anak-anak membutuhkan lebih sedikit kalori

Menjaga Asupan Nutrisi Lebih Mudah Dengan Kalkulator Gizi

Kalkulator kalori per hari, menghitung kebutuhan kalori per hari, kebutuhan kalori per hari, kalkulator kebutuhan kalori harian, kalkulator kebutuhan kalori, cek kebutuhan kalori per hari, kebutuhan kalori wanita per hari, kalkulator menghitung kebutuhan kalori per hari, jumlah kebutuhan kalori per hari, total kebutuhan kalori per hari, kebutuhan kalori per hari kalkulator, berapa kebutuhan kalori per hari

Leave a Comment