Cara Penulisan Daftar Pustaka Dari Internet

Cara Penulisan Daftar Pustaka Dari Internet – Daftar pustaka tidak bisa ditulis sembarangan lho! Gaya atau jenis penulisan daftar pustaka berbeda-beda, dan masing-masing jenis mempunyai ciri khasnya masing-masing. Ayo lihat semua contoh daftar pustaka!

Nah, siapa yang sering mengambil materi dari internet sambil mengerjakan pekerjaan rumah? Tenang saja, Anda bisa mengutip atau menggunakan sumber informasi dari berbagai media, termasuk internet, namun jangan lupa sertakan sumbernya di daftar pustaka ya. Dengan menggunakan daftar pustaka kita dapat memberikan penghargaan kepada penulis sumber informasi yang kita gunakan.

Cara Penulisan Daftar Pustaka Dari Internet

Cara Penulisan Daftar Pustaka Dari Internet

Namun jangan salah sobat, tidak mungkin menulis daftar pustaka dengan tenang lho! Ada berbagai jenis tulisan yang memiliki ciri khas tersendiri tergantung dari sumbernya. Yuk, lihat contoh daftar pustaka selengkapnya di sini. Sekaligus kita belajar cara memperbaikinya dengan baik dan benar agar makalah sekolah atau perguruan tinggi Anda tidak ditandai sebagai plagiarisme.

Daftar Pustaka Dari Internet Archives

Daftar pustaka adalah daftar berbagai sumber bacaan yang menjadi latar belakang penyelesaian suatu tugas. Anda tahu bahwa sumber informasi yang Anda gunakan bisa berbeda-beda! Misalnya, Anda bisa menjadikan buku, majalah, artikel internet, skripsi dan lain-lain sebagai referensi pengerjaan pekerjaan rumah.

Fungsi daftar pustaka adalah untuk memberi tahu pembaca tentang alasan di balik artikel yang Anda tulis. Sehingga pembaca bisa mempercayai keaslian artikel yang Anda tulis. Selain itu, daftar pustaka juga merupakan salah satu metode evaluasi penyedia informasi referensi untuk menghindari plagiarisme pada makalah Anda.

Tahukah Anda bahwa aplikasi belajar memiliki fitur Latihan Soal yang mengumpulkan contoh soal latihan dan pembahasannya. Sangat cocok untuk persiapan ujian nanti. Silakan klik banner di bawah ini untuk mencoba fitur Deep Questions!

Kita bisa menulis daftar pustaka yang bersumber dari buku, majalah, website, artikel ilmiah, majalah atau wawancara. Daftar Pustaka memuat lebih banyak informasi mengenai sumber referensi yang kita gunakan, mulai dari nama penulis, judul artikel, tanggal terbit artikel, nama penerbit, kota penerbit, dan lain-lain. Banyaknya informasi yang terdapat dalam daftar pustaka dimaksudkan agar pembaca dapat memahami dasar penulisan dan di mana sumbernya dapat ditemukan.

Cara Untuk Mengutip Laman Web Tanpa Penulis

Secara umum gaya penulisan daftar pustaka yang banyak digunakan adalah format Chicago Manual of Style atau yang biasa disingkat CMS. Kita mempelajari cara membuat bibliografi dalam format SPS ini tergantung pada jenis sumbernya:

Apabila penulisnya tiga orang, maka penulis kedua dan ketiga tidak dibalik dan dihubungkan dengan kata “dan” pada penulis kedua dan ketiga.

Pengambilan sumber e-book dan e-journal umumnya mengikuti format yang sama seperti pengambilan buku cetak dan jurnal. Cukup tambahkan URL situs sumber yang diambil setahun kemudian.

Cara Penulisan Daftar Pustaka Dari Internet

Jika Anda menggunakan skripsi sebagai bahan referensi, Anda dapat menulis daftar pustaka dengan format sebagai berikut: [Nama penulis, nama penulis. “Nama Perpustakaan”. Jenis perpustakaan, lembaga penerbitan, tahun penerbitan.]

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Buku, Jurnal, Hingga Internet

Contoh : Nanda, Galang Kris. Strategi Kemenangan Sigita Pujono pada Pilkada Utama Desa Bulacan 2018. Tesis Diploma, Universitas Jenderal Soedirman, 2021.

Jika Anda menggunakan referensi tertulis yang berasal dari surat kabar, Anda dapat menulis daftar pustaka dengan format berikut:

Selain surat kabar, Anda juga bisa memanfaatkan majalah atau tabloid sebagai sumber tulisan. Berikut cara menulis daftar pustaka:

Daftar referensi juga dapat mencakup penggunaan lembaran musik dari suatu karya musik tertentu. Berikut ini contoh yang bisa Anda jadikan referensi:

Cara Menggunakan Mendeley Untuk Membuat Sitasi Daftar Pustaka

Sebagai sumber tulisan, Anda tidak hanya dapat menggunakan musik, tetapi juga video yang dipublikasikan. Jangan lupa sertakan tanggal video dipublikasikan, durasi atau durasi video, dan URL video dalam daftar pustaka Anda. Pada contoh di bawah, Anda dapat melihat “12:29” yang mewakili durasi video. Berikut formatnya:

Untuk menulis bibliografi penggunaan audio Internet, sertakan tanggal audio diakses, URL audio, dan durasi audio. Berikut formatnya:

Contoh: “Allegro Molto Appassionato”, Konser Biola di E minor, Op. 64. Franziska Früh (biola) bernyanyi bersama Fulda Symphony Orchestra, Grosser Saal der Orangerie Fulda. 31 Maret 2001. 13 menit, 27 detik. https://commons.wikimedia.org/wiki/File : Felix_Mendelssohn__Violinkonzert_e-moll _1._Allegro_molto_appassionato.ogg

Cara Penulisan Daftar Pustaka Dari Internet

Ini umumnya cara yang benar dan contoh cara menulis daftar pustaka berdasarkan sumber. Ayo praktikkan cara membuat daftar pustaka berdasarkan referensi pada pokok bahasan yang sedang kamu kerjakan! Selain memberikan penghargaan kepada penulis sumber yang dikutip, ada baiknya membaca artikel Anda dengan bibliografi, dengan landasan yang kredibel dan kuat.

Bagaimana Cara Menulis Daftar Pustaka? Internet, Buku

Sabine Fasawa, Siam. “Contoh penulisan daftar pustaka dari majalah, buku, website, skripsi” Tirto.id. Diakses 4 Desember 2021. https://tirto.id/empat-tulisan-besar-pustaka-dari-jurnal-buku-website-skrip-glTb.

Ahmad. “Cara menulis daftar pustaka buku, majalah, skripsi, artikel, website.” grammedia.com. Diakses 17 Oktober 2022. https://www.gramedia.com/best-seller/cara-menulis-register-pustaka/ Cara penulisan daftar pustaka di Internet memiliki kaidah penulisan tersendiri dibandingkan dengan yang dibangun dari sumber lain, seperti buku, jurnal atau majalah. . Namun secara umum format penulisannya hampir sama.

Kita tahu bahwa penulis harus mempertimbangkan daftar pustaka ketika menulis sebuah makalah, baik itu dalam bentuk disertasi, tesis, jurnal atau artikel. Dahulu daftar pustaka digunakan untuk merujuk pada sebuah buku, kini sumber datanya bisa diambil dari internet.

Sumber data ini hendaknya ditulis sebagai penghargaan atas karya intelektual orang tersebut, serta sebagai alat untuk memeriksa dan merevisi artikel yang memuat sumber data tersebut. Biasanya digunakan saat menulis karya ilmiah.

Cara Menulis Dan Contoh Daftar Pustaka Paling Lengkap Halaman 2

Jika dilihat dari asal katanya, bibliografi merupakan sekumpulan sumber data yang telah diterbitkan sebelumnya. Dalam bahasa Inggris yang dimaksud dengan referensi adalah daftar pustaka itu sendiri, karena daftar ini digunakan sebagai acuan ketika seseorang mengemukakan suatu permasalahan dalam penelitiannya.

Dengan menggunakan daftar pustaka, penulis telah mengidentifikasi landasan teori yang akan digunakan untuk mendukungnya. Apabila menulis daftar pustaka dari Internet atau dari buku cetak, aturan yang berlaku harus dipatuhi.

Jika nama yang diberikan dalam daftar perpustakaan yang menggunakan buku tersebut tentu saja adalah nama penulis buku tersebut, maka ketika Anda mencari sumber di Internet, nama yang diberikan adalah nama website dari mana Anda mendapatkannya sumber data. .

Cara Penulisan Daftar Pustaka Dari Internet

Seperti halnya penulisan nama penulis pada daftar pustaka, judul website diakhiri dengan tanda titik sebelum dilanjutkan dengan unsur lainnya, tergantung format yang digunakan.

Cara Penulisan Daftar Pustaka Yang Benar Beserta Contohnya

Seperti halnya menulis bibliografi untuk sebuah buku, tanggal penerbitannya juga harus diperhitungkan. Tanggal penerbitan bervariasi tergantung format penulisan. Perbedaannya adalah buku memiliki tahun penerbitan, dan artikel memiliki tanggal penerbitan.

Demikian pula, jika hanya angka yang digunakan dalam buku, artikel di Internet harus mencantumkan tanggal dan huruf, yaitu bulan dan tahun penerbitan artikel tersebut.

Tidak ada aturan dalam penulisan alamat tautan, karena biasanya ketika Anda menyalin dan menempelkan tautan, tautan tersebut secara otomatis diformat dan dimasukkan ke dalam daftar pustaka. Lokasi penempatannya bisa berdasarkan tanggal publikasi atau nama situs, tergantung konsep format aslinya.

Tanda kutip biasanya digunakan pada saat menulis judul artikel, namun ada pula yang tidak. Berbeda dengan penulisan judul buku, judul artikel tidak perlu dicetak tebal atau miring. Kecuali misalnya pada penulisan judul pada umumnya, setiap kata harus diawali dengan huruf kapital.

Penulisan Daftar Pustaka

Judul artikel harus sama persis dengan judul yang diberikan pada alamat link untuk menghindari kesalahpahaman. Biasanya alamat artikel mengikuti judul artikel, dipisahkan dengan koma.

Waktu akses tidak sama dengan tanggal publikasi artikel. Sebab artikel dapat diakses satu tahun setelah artikel diterbitkan. Waktu akses adalah saat Anda memutuskan untuk menggunakan data sebagai referensi saat menulis makalah penelitian Anda.

Cara penulisan waktu akses diawali dengan kalimat “Diakses pada” diikuti dengan tanggal penulis mengakses artikel. Perbedaan lain antara menulis bibliografi dari Internet dan buku adalah kota penerbitan dan nama penerbit, karena keduanya bukan merupakan unsur artikel Internet.

Cara Penulisan Daftar Pustaka Dari Internet

Ada berbagai format yang dapat digunakan untuk menulis bibliografi dari Internet. Semua format ini distandarisasi. Pilih satu dan tulis secara konsisten menggunakan format itu.

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal, Buku, Skripsi, Dan Internet

Format Halaman Penulis: Nama Penulis (Diatur Ulang). tahun presentasi. Judul/Informasi. (Alamat website, diakses: tanggal).

MLA adalah singkatan Asosiasi Bahasa Modern. Tata letak elemennya adalah sebagai berikut: “nama item”. Nama situs. Tanggal penerbitan artikel. Waktu akses. .

“10 contoh penulisan daftar pustaka dari internet, buku dan majalah.” mamikos.com. pada tanggal 1 April 2020. diakses 8 Oktober 2020.

APA adalah singkatan Asosiasi Psikologi Amerika. Struktur artikel adalah nama website, tanggal pembuatan artikel, judul, waktu akses dan alamat link. Sementara itu, tanda baca berikut muncul di bawah:

Contoh Daftar Pustaka & Cara Menulisnya Berdasarkan Sumber

Mamikos.com. (2020, 01 April). 10 contoh cara menulis daftar pustaka dari internet, buku dan majalah. Tersedia pada 8 Oktober 2020 di https://mamikos.com/info/exemplary-cara-menulis-register-pustaka/

(2020, 15 Desember). 9 Contoh surat pengunduran diri suatu organisasi dalam format Word (DOC). Tersedia pada 20 Desember 2020 di https://sample-surat-pengunduran-diri/.

/ (2020, 13 September) Tutorial dasar menggunakan Microsoft Word+ disertai gambar. Diakses pada 25 September 2020 dari https://tutorial-dasar-using-microsoft-word/ 4. Format MHRA

Cara Penulisan Daftar Pustaka Dari Internet

MHRA adalah Asosiasi Penelitian Humaniora Modern. Untuk menyusun elemen bibliografi, Anda dapat mengikuti format berikut: nama situs, “judul artikel”, deskripsi situs, tanggal publikasi, [waktu akses].

Cara Menulis Daftar Pustaka Sesuai Ebi (ejaan Bahasa Indonesia)

Mamikos.com, “10 Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet, Buku dan Majalah,” Cara Menulis Daftar Pustaka, 1 April 2020, [diakses pada 8 Oktober 2020]

Cara menulis bibliografi Internet yang benar juga akan meningkatkan validitas makalah penelitian Anda. Dengan cara ini, pembaca dapat mengikuti sendiri proses penulisan makalah penelitian dan melakukan check and recheck.

Penulisan daftar pustaka dari sumber di internet seringkali menimbulkan keraguan dan kesulitan bagi penulis karya ilmiah. Bagaimana cara penulisan daftar pustaka yang benar dan sesuai kaidah ilmiah? Di bawah ini adalah beberapa pertanyaan umum tentang penulisan bibliografi Internet dan jawabannya.

A: Yang dicantumkan dalam daftar pustaka online adalah nama penulis, tahun penerbitan,

Cara Pakai Mendeley Untuk Buat Citasi Dan Daftar Pustaka, Panduan Skripsi

Cara penulisan daftar pustaka, penulisan daftar pustaka dari buku, penulisan daftar pustaka sumber internet, cara penulisan daftar pustaka dari jurnal, cara penulisan daftar pustaka dari web, penulisan daftar pustaka dari internet, penulisan daftar pustaka yang benar dari internet, penulisan daftar pustaka internet, cara penulisan daftar pustaka dari website, cara penulisan daftar pustaka dari buku, penulisan daftar pustaka dari jurnal, penulisan daftar pustaka dari skripsi

Leave a Comment