Cara Mudah Menghitung Kalori Makanan

Cara Mudah Menghitung Kalori Makanan – Cara menghitung kalori makanan perlu trik dan tips tersendiri agar semuanya benar dan masuk akal. Anda harus memasukkan makronutrien seperti karbohidrat, lemak, dan protein ke dalam makanan Anda. Terdapat 4 kalori dalam setiap 1 gram protein dan karbohidrat. Selain itu, 1 gram lemak mengandung 9 kalori, ketika ingin menurunkan berat badan harus mengalami defisit kalori agar berat badan cepat turun.

Langkah pertama adalah memanfaatkan teknologi. Anda bisa menggunakan aplikasi penghitung kalori makanan sebagai referensi. Cara ini sangat sederhana dan mudah karena dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Anda dapat dengan mudah melakukan ini di kantor, taman, atau di rumah. Anda hanya perlu menuliskan nama makanan yang ingin Anda makan. Selanjutnya, Anda akan melihat jumlah kalori dalam makanan tersebut. Kemudian Anda bisa menghitung jumlah kalori yang Anda makan setiap hari.

Cara Mudah Menghitung Kalori Makanan

Cara Mudah Menghitung Kalori Makanan

Bila Anda ingin mengonsumsi makanan kemasan, Anda bisa membaca informasi pada kemasan makanan tersebut. Cara menghitung kalori makanan adalah dengan menjumlahkan jumlah kalori yang Anda makan setiap harinya. Informasi nilai gizi ini dapat menjadi acuan untuk melihat jumlah kalori, karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Pastikan Anda membaca informasi nutrisi dengan cermat sehingga Anda dapat menghitung dengan benar jumlah kalori yang Anda konsumsi. Misalnya saja saat Anda makan sebungkus mie instan, Anda mengonsumsi 320 kalori per bungkusnya. Kalikan dengan jumlah mie instan yang Anda makan.

Diet Gm: Variasi Pola Makan Selama 7 Hari

Saat ingin menurunkan berat badan, Anda harus bisa memanfaatkan kompetisi. Menghitung kalori dalam makanan adalah cara yang bagus untuk membantu Anda menurunkan berat badan. Anda dapat mempermudah penghitungan kalori makanan per porsi dengan menggunakan beberapa perbandingan seperti 1 porsi nasi per cangkir. Terdapat kalori pada nasi ini per 100 gramnya, lalu Anda diperbolehkan mengonsumsi daging seukuran kotak kartu kecil. Anda juga bisa menjadikan ikan sebagai lauknya. Jangan lupa gunakan buah dan sayuran hijau. Anda tidak perlu menghitung jumlah kalori dengan benar, yang terpenting adalah mengurangi jumlah konsumsi kalori harian.

Langkah terakhir dalam menghitung kalori suatu makanan adalah menghitung jumlah zat gizi makro. Makronutrien ini termasuk protein dan karbohidrat dalam makanan. Informasi nutrisi berharga ini biasanya tercantum pada kemasan makanan. Setiap gram karbohidrat dan protein biasanya mengandung 4 kalori. Selain itu, 1 gram lemak mengandung 9 kalori. Jumlah yang disarankan adalah 45% karbohidrat, 10-35% protein, dan 25% lemak. Cara menghitung kalori harian ini merupakan cara yang paling sederhana dan mudah dilakukan.Online.com – Anda cukup mencoba salah satu dari sekian banyak diet yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan.

Dengan mengetahui jumlah kalori dalam makanan, kita bisa memilih menu yang sehat dan rendah kalori.

Sebenarnya, berapa banyak kalori yang kita perlukan? Kalau bicara soal kalori, kebanyakan orang langsung mengasosiasikannya dengan makanan berlemak dan tidak sehat.

Fakta Menarik Mengenai Kalori Makanan, Tak Selalu Bikin Gemuk

Sebaliknya, jika kita mengonsumsi lebih sedikit kalori, maka berat badan dan kadar lemak tubuh kita akan menurun.

Anda tinggal memasukkan nama makanan atau minuman yang Anda makan, dan setelah itu Anda bisa langsung mengetahui jumlah kalori di menu tersebut.

Jangan hanya menghitung jumlah kalori yang Anda makan. Sebab, tanpa disadari, banyak korupsi yang tercipta di piring makanan yang kita makan.

Cara Mudah Menghitung Kalori Makanan

Misalnya, ketika Anda berpikir untuk makan satu cangkir mie, Anda mungkin berpikir bahwa satu cangkir tidaklah banyak.

Ini Dia Cara Mengatur Pola Makan Untuk Diabetes

Belum lagi ayam, udang, bakso, atau bahkan sambal dan kecap yang Anda tambahkan. Semuanya menambah kalori pada tubuh.

Cara paling akurat untuk menghitung kalori suatu makanan adalah dengan menimbangnya. Namun cara ini kurang praktis dan memerlukan banyak waktu.

Baca juga: Ingin Sehat dan Bebas Penyakit? 5 Makanan Rendah Kalori Ini Wajib Ada dalam Diet Kita!

Misalnya saat memasak nasi atau pasta. Tentu saja cara ini akan sulit dilakukan jika Anda makan di luar rumah.

Tips Menghitung Kalori Makanan Saat Lebaran

Saat Anda makan di restoran atau di suatu tempat di luar kota, membandingkan kalori makanan dengan makanan biasa lainnya dalam kehidupan sehari-hari bisa menjadi pilihan yang mudah.

Namun, metode ini umumnya salah. Untuk memudahkan dalam menghitung kalori makanan, kita bisa menggunakan perbandingan berikut ini.

Sebab, setiap orang mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda. Untuk mengetahui kebutuhan kalori harian secara umum, rumus penghitungan kebutuhan kalori dasar (KKB) ada di Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Cara Mudah Menghitung Kalori Makanan

Pertama, cari tinggi badan Anda (dalam cm). Kemudian, hitung berat badan ideal (BBI) Anda, dengan menggunakan rumus:

Diet Sehat Dan Efektif!

Misal anda wanita dengan tinggi badan 165 cm maka BBI anda adalah: BBI = (165-100) – (10% x (165-100)) = 65 – (10% x 65) = 65 – 6 ,5 = 58,5kg

Oleh karena itu, karena Anda seorang wanita, maka kebutuhan dasar kalori harian Anda adalah: KKB Wanita = 25 kkal x 58,5 = 1462,5 kkal.

Saat menghitung kebutuhan kalori total atau total, aktivitas harian yang berulang juga diperhitungkan. Hasilnya tentu saja berbeda dengan KKB.

Agar lebih mudah, Anda juga bisa membaca tabel dasar kalori makanan yang disediakan Kementerian Kesehatan.

Cara Menghitung Kalori Makanan Dan Contohnya

Untuk menjaga berat badan, usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang memiliki kalori lebih banyak dari RDA Anda. (Wisnubarta)

#kemensos #blt #tanggal lahir #bbm #hubungan peristiwa daerah dan dunia hingga jatuhnya Hindia Belanda tahun 1942 #telinga kiri panas menurut islam #online #gambar dua ekor kera mengendarai sepeda motor #weton #milite Kegunaan website cookie memberi Anda situs web yang ramah pengguna, aman, dan efisien. Pengaturan cookie di browser biasanya diatur ke “Izinkan semua cookie”. Jika Anda terus mengunjungi situs web ini, Anda menyetujuinya. Silakan kunjungi Kebijakan Privasi kami jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang Kebijakan Privasi dan Cookie kami

Hal ini sering dikritik karena dianggap membuat gemuk, tubuh membutuhkan kalori. Namun, untuk menjaga berat badan ideal, kalori harus dikonsumsi. Yuk, coba hitung jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh.

Cara Mudah Menghitung Kalori Makanan

Anda pasti sering mendengar kata kalori dan hubungannya dengan penurunan berat badan. Kalori bukanlah zat sebenarnya, melainkan satuan pengukuran. Kalori mengukur jumlah energi dalam makanan dan minuman kita.

Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Menghitung Kalori

Kita semua membutuhkan energi ini untuk hidup dan menjadi sehat. Untuk bekerja, tubuh mengandalkan energi yang datang dalam bentuk kalori.

Makanan yang kita makan memberikan energi bagi tubuh kita, namun tidak semua kalorinya baik. Jika dimakan terlalu banyak, kelebihan kalori tersebut akan disimpan sebagai lemak tubuh. Meski tubuh membutuhkan lemak, namun terlalu banyak lemak dapat menimbulkan gangguan kesehatan.

Kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda. Anak-anak membutuhkan lebih sedikit kalori dibandingkan orang dewasa. Atlet membutuhkan lebih banyak kalori untuk menunjang performa fisiknya. Ada sebagian orang yang mudah menambah berat badan meski hanya makan sedikit, ada sebagian orang yang menurunkan berat badan meski makan banyak.

Rata-rata wanita membutuhkan 2.000 kalori sehari, dan pria membutuhkan 2.500 kalori sehari. Jika ingin menurunkan berat badan, kalori yang dikonsumsi sebaiknya di bawah angka tersebut.

Cara Menghitung Kalori Makanan Untuk Turunkan Berat Badan

Misalnya saja untuk menurunkan 0,5 kg per minggu atau 2 kg per bulan, seorang wanita sebaiknya mengurangi asupan kalorinya hingga 1500 kalori per hari. Selain itu, pria sebaiknya membatasi asupan kalori hingga 2.000 kalori per hari.

Anita adalah wanita dengan berat badan 55 kg, memiliki 20 persen lemak tubuh, dan berprofesi sebagai jurnalis.

Hasil perhitungan ini disebut Basal Metabolic Rate (BMR), yaitu jumlah kalori yang dibakar tubuh jika Anda tidak melakukan apa pun di siang hari (seperti menonton TV sepanjang hari).

Cara Mudah Menghitung Kalori Makanan

Untuk mengetahui berapa banyak kalori yang Anda bakar setiap hari jika Anda melakukan aktivitas tertentu, kalikan hasilnya dengan angka pada tabel di bawah ini.

Tips Diet Ini Bisa Bekerja Lebih Bagus Dibanding Harus Menghitung Kalori Saat Makan

1.3 (sangat ringan) – mis. bekerja di depan komputer sepanjang hari, atau aktivitas yang melibatkan banyak duduk dan sedikit berjalan.

1,55 (ringan) – misalnya aktivitas yang banyak melibatkan berdiri atau berjalan, seperti mengajar atau berbelanja

1,65 (Rata-rata) – Aktivitas fisik berat seperti bersih-bersih, bersepeda, lari, pekerjaan pekarangan ringan, penggunaan maksimal 2 jam per hari.

1,80 (Tinggi) – Pekerjaan yang memerlukan banyak tenaga seperti pekerja bangunan, penari atau atlet, minimal 4 jam sehari.

Daftar Nilai Kalori Makanan Sehari 1

Menghitung kebutuhan kalori sangatlah mudah, asalkan Anda mengetahui persentase lemak tubuh Anda. Biasanya pihak gym (pusat kebugaran) akan menghitung persentase lemak tubuh ini sebelum menerapkan program olahraga tertentu.

Nah, sekarang Anda sudah tahu berapa banyak kalori harian yang Anda butuhkan. Sekarang, bagaimana cara mengurangi kalori untuk menurunkan berat badan?

Lemak memiliki kalori dua kali lebih banyak dibandingkan protein dan karbohidrat. Oleh karena itu, lemak harus dihindari, begitu pula cara pengolahannya seperti menggoreng, guna menurunkan berat badan.

Cara Mudah Menghitung Kalori Makanan

Kentang goreng termasuk makanan berkalori tinggi. Pada saat yang sama, sayuran, bukannya rendah kalori, malah mengandung serat. Serat membuat Anda kenyang lebih lama sehingga tidak merasa lapar.

Ini Dia Cara Menghitung Kalori Harian Tubuh Dengan Mudah!

Jangan lupa untuk memeriksa tabel nutrisi pada kemasan makanan untuk membantu menghitung kalori.

Mengurangi porsi makan merupakan anjuran diet yang paling umum. Bagi orang yang sedang memulai diet dan mudah merasa lapar, mengurangi porsi makan mungkin terasa sulit.

Jika sehari Anda bisa memangkas 250 kalori, lakukan olahraga ringan selama 60 menit untuk membakar 250 kalori.Dalam seminggu, Anda bisa memangkas 3500 kalori.

Ingat, jangan mengurangi kalori terlalu cepat sekaligus, karena tubuh perlu melakukan penyesuaian. Selain itu, sebaiknya Anda juga tidak melakukan diet tanpa mengonsumsi kalori sedikit pun, karena dapat membahayakan kesehatan Anda.

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Harian

Hal ini sering dikritik karena dianggap membuat gemuk, tubuh membutuhkan kalori. Namun, untuk menjaga berat badan tetap ideal, konsumsilah kalori sesuai kebutuhan.

Perusahaan ini memulai bisnisnya di Indonesia pada tahun 1981 dengan membuka kantor perwakilan. Saat ini terdapat bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah di Indonesia yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 staf penjualan. Jaringan mitra bank

Aplikasi untuk menghitung kalori makanan, cara menghitung asupan kalori, cara menghitung defisit kalori, cara menghitung kalori harian, cara menghitung kebutuhan kalori, cara menghitung kalori makanan diet, menghitung jumlah kalori makanan, cara menghitung surplus kalori, cara menghitung kalori olahraga, cara menghitung kalori makanan, cara menghitung kalori maintenance, menghitung kalori makanan

Leave a Comment