Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Pada Tubuh

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Pada Tubuh – – Ada beberapa cara untuk menghitung berapa banyak kalori yang Anda butuhkan per hari. Ada pula yang berdasarkan BMR dengan menggunakan rumus Harris-Benedict berdasarkan perhitungan KKB sesuai pedoman Kementerian Kesehatan. Cara termudah adalah dengan menggunakan kalkulator kalori.

Sebelum kita mempelajari cara menghitung kalori, mari kita pahami dulu apa yang dimaksud dengan kalori. Dari sudut pandang nutrisi, kalori mengacu pada energi yang diperoleh dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi dan energi yang digunakan selama aktivitas fisik. Oleh karena itu, kalori adalah satuan energi. Energi ini digunakan untuk menggerakkan tubuh

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Pada Tubuh

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Pada Tubuh

Sebagai seorang pekerja, jika Anda sering bekerja di meja kerja, seperti dalam pemasaran digital, atau jika Anda sering melakukan aktivitas fisik, seperti olahraga teratur, mengetahui berapa banyak kalori yang Anda butuhkan setiap hari sangatlah penting.

Begini Cara Hitung Kebutuhan Kalori Harian Secara Online

Agar tubuh Anda bugar dan sehat, kalori yang masuk ke dalam tubuh harus mencukupi kebutuhan. Mengonsumsi terlalu banyak kalori dapat menyebabkan tubuh Anda kekurangan gizi. Di sisi lain, mengonsumsi terlalu banyak kalori dapat meningkatkan risiko obesitas dan memicu penyakit lainnya.

Perbedaan usia menentukan jumlah energi yang dibutuhkan tubuh. Misalnya, seiring pertumbuhan anak-anak dan remaja, mereka memerlukan lebih banyak energi. Gaya hidup, sebaliknya, ditentukan oleh aktivitas sehari-hari dan seberapa aktif Anda. Dengan kata lain, ukuran tubuh mengacu pada tinggi dan berat badan Anda, yang memengaruhi tingkat penggunaan energi oleh tubuh Anda.

(BMR) atau Kebutuhan Kalori Basal (KKB) adalah jumlah kalori yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi organ vital tubuh manusia bila tidak melakukan aktivitas fisik. Dengan kata lain, BMR hanya menghitung jumlah minimum kalori yang dibutuhkan tubuh.

BMR = 66 + (13,7 × berat badan kg) + (5 × tinggi badan cm) – (6,8 × usia)

A. Cara Menghitung Kebutuhan Energi Dan Zat Gizi Sehari

BMR = 655 + (9,6 × berat badan kg) + (1,8 × tinggi badan cm) – (4,7 × umur)

Setelah Anda mengetahui BMR Anda, hitung tingkat aktivitas fisik Anda untuk mengetahui total kebutuhan kalori harian Anda. Mereka adalah TEE atau

Wanita tersebut diketahui berusia 30 tahun, berat badan 60 kg, dan tinggi 165 cm. Dia berolahraga sekali atau dua kali seminggu. Oleh karena itu, kalori yang dibutuhkan adalah:

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Pada Tubuh

Dari perhitungan di atas, jumlah minimal kalori yang dibutuhkan per hari agar organ tubuh dapat berfungsi dengan baik adalah 1387 kalori. Namun jumlah total kalori yang dibutuhkan untuk aktivitas sehari-hari adalah 1907 kalori.

Menghitung Kalori Dengan Jam Garmin. Ini Panduan Lengkapnya

Ada cara lain untuk menghitung berapa banyak kalori yang Anda butuhkan dalam sehari. Perhitungan ini berdasarkan pedoman Kementerian Kesehatan RI. Prosedur perhitungannya adalah sebagai berikut.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, KKB adalah jumlah minimal kalori yang dibutuhkan hanya untuk menjalankan fungsi tubuh. Di sisi lain, kita melakukan berbagai aktivitas fisik dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, untuk mendapatkan angka akurat kebutuhan kalori harian Anda, Anda perlu menambahkan beberapa variabel lain.

Saya berumur 42 tahun, tinggi 165 cm, dan seorang ibu rumah tangga. Dalam kehidupan sehari-hari, mereka melakukan “aktivitas moderat” seperti pekerjaan rumah tangga. Kalori yang Anda butuhkan per hari adalah sebagai berikut:

Kunjungi salah satu situs web di bawah ini, masukkan informasi yang diminta, dan tekan Enter. Maka secara otomatis Anda akan mendapatkan jumlah kalori yang Anda butuhkan setiap harinya.

Berapa Banyak Protein Yang Dibutuhkan Untuk Diet?

Website Hellosehat memiliki kalkulator kebutuhan kalori. Cukup pilih jenis kelamin Anda, masukkan tinggi badan, berat badan, dan usia Anda, pilih tingkat aktivitas fisik Anda, dan tekan “Hitung”.

Kalkulator.net adalah kalkulator kalori online lainnya yang dapat Anda gunakan. Mirip dengan kalkulator di atas, Anda perlu memasukkan data mengenai jenis kelamin, tinggi badan, berat badan, usia, dan tingkat aktivitas fisik Anda.

Halaman hasil menampilkan serangkaian kebutuhan kalori yang dapat Anda gunakan sebagai panduan diet. Cari tahu berapa banyak kalori yang perlu Anda konsumsi setiap hari untuk mempertahankan, menurunkan, atau menambah berat badan.

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Pada Tubuh

Meski mengandung variabel yang sama, namun kedua website di atas mempunyai hasil perhitungan yang berbeda. Tapi jangan khawatir. Apapun kalkulator yang Anda gunakan, semuanya bisa dijadikan acuan kebutuhan kalori harian Anda.

Tidak Perlu Repot! Inilah Cara Menghitung Kalori Yang Dibutuhkan Tubuh

Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, orang umumnya enggan menghitung berapa banyak kalori yang dibutuhkan setiap harinya. Cukuplah dikatakan, asupan kalori harian yang dianjurkan secara umum adalah 2.500 kalori untuk pria dan 2.000 kalori untuk wanita.

Jika tujuan Anda adalah menambah, menurunkan, atau mempertahankan berat badan, mengetahui kebutuhan kalori harian Anda bisa sangat membantu dalam mencapai tujuan tersebut.

Mengetahui kebutuhan kalori harian Anda hanyalah langkah awal untuk menjaga kesehatan tubuh. Setelah itu, memilih makanan yang tepat untuk dikonsumsi sehari-hari menjadi tak kalah pentingnya.

Usahakan untuk mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran hijau. Daging merah, seperti ayam dan ikan; Kacang tanah; biji serat. buah; serta air. Tubuh kita membutuhkan kalori sebagai energi untuk melakukan aktivitas. Banyak orang yang tidak memperhatikan kebutuhan kalori hariannya sehingga menimbulkan dampak negatif.

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori

Defisit kalori bisa membuat tubuh Anda lemah dan berujung pada penurunan berat badan dalam jangka panjang. Di sisi lain, kelebihan kalori dapat menyebabkan obesitas dan kelebihan berat badan, sehingga meningkatkan risiko terkena diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan kanker.

Kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda. Kali ini kami akan menjelaskan cara menghitung asupan kalori harian untuk wanita dan pria.

Pertama, Anda perlu memahami apa arti kebutuhan kalori harian Anda dan mengapa penting untuk memperhatikannya. Laporan Jurnal Ekologi Universitas Pakuan, Vol.2. 16 nama. April 1, 2016 Kalori adalah satuan energi dalam sistem metrik, atau satuan yang mengukur energi yang terkandung dalam makanan.

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Pada Tubuh

Sedangkan kebutuhan kalori harian adalah jumlah kalori yang dibutuhkan seseorang dalam 24 jam. Kalori ini bertambah saat Anda makan dan berkurang saat Anda beraktivitas.

Hitung Kalori Demi Turunkan Berat Badan Sesuai Gender & Usia

Menghitung kebutuhan kalori harian penting dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan mencegah penyakit. Mengetahui kebutuhan kalori harian memungkinkan Anda menyesuaikan pola makan dan aktivitas berdasarkan tujuan, seperti ingin menurunkan atau menambah berat badan.

Jumlah kalori yang dibutuhkan setiap orang setiap hari bergantung pada usia, jenis kelamin, tinggi badan, berat badan, dan aktivitas sehari-hari. Kandungan kalori suatu makanan juga bergantung pada kandungan karbohidrat, protein, dan lemaknya. Untuk itu, Anda perlu berhati-hati dalam menghitung kebutuhan kalori harian.

Berikut ini akan dijelaskan cara menghitung kebutuhan kalori harian pria dan wanita. Ada dua jenis kebutuhan kalori: kebutuhan kalori basal (KKB) dan kebutuhan kalori total (KKT), diukur dalam kkal.

Jurnal penelitian Institut Informatika Bisnis JSIKA Stikom Surabaya Vol 09, no. Maret 2019 menjelaskan bahwa kebutuhan kalori basal merupakan jumlah minimal energi yang harus dipenuhi pada saat tidak aktif. Sedangkan kebutuhan kalori total adalah jumlah total kalori yang dibutuhkan tubuh ditambah kalori yang hilang selama aktivitas fisik.

Begini Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Per Hari

Berdasarkan laman Kementerian Kesehatan, aktivitas fisik yang dihitung terbagi dalam beberapa kategori, yaitu aktivitas fisik ringan, aktivitas fisik sedang, dan aktivitas fisik berat. Setiap aktivitas memiliki jumlah kalori yang diukur dalam persentase.

Mengutip lagi dari website Kementerian Kesehatan, untuk menghitung kebutuhan kalori harian seorang wanita, kita perlu mengetahui berat badan ideal (BBI) untuk menghitung BMI-nya. Kemudian Anda bisa mengukur KKT.

Sebaliknya, untuk mencari KKT, tambahkan KKB pada tingkat aktivitas fisik Anda dan kurangi faktor koreksinya. Ini rumusnya.

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Pada Tubuh

Seorang ibu rumah tangga berusia 42 tahun, tinggi 165 cm, melakukan “aktivitas sedang” seperti pekerjaan rumah, membersihkan, dan mencuci.

Berdasarkan Contoh Tersebut, Cobalah Hitung Berapa Kalori Yg Kamu Butuhkan Setiap Hari Untuk Menjaga

Karena Anda melakukan aktivitas sedang, tambahan 20% dihitung. Sebaliknya, karena usia antara 40 dan 59 tahun, faktor koreksinya adalah 5%.

Menghitung kebutuhan kalori harian pria pada dasarnya sama dengan wanita. Namun perhitungan dasar KKB adalah 30kkal untuk laki-laki dan 25kkal untuk perempuan.

Seperti halnya wanita, cara mencari KKT adalah dengan menambahkan KKB pada tingkat aktivitas fisik dan mengurangi faktor koreksinya. Ini rumusnya.

Ibu rumah tangga berusia 50 tahun ini memiliki tinggi badan 1,75 cm dan melakukan “aktivitas sedang” seperti bersepeda.

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Harian Tubuh Kita

Karena aktivitasnya bersepeda, maka dihitung tambahan 30%. Sebaliknya, karena usia antara 40 dan 59 tahun, faktor koreksinya adalah 5%.

Kebutuhan kalori penduduk Indonesia juga diatur dalam Peraturan Kementerian Kesehatan Nomor 28 Tahun 2019 tentang persentase kecukupan gizi yang dianjurkan bagi penduduk Indonesia. Efisiensi energi rata-rata masyarakat Indonesia adalah 2.100 kkal per hari. Sedangkan rata-rata kebutuhan protein hariannya adalah 57 gram.

Aturan tersebut juga merinci kebutuhan kalori pria dan wanita, mulai dari kebutuhan protein, lemak, serat, dan air. Tabel di bawah ini terangkum dalam Peraturan Menteri Kesehatan. 28, 2019.

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Pada Tubuh

Beberapa faktor yang mempengaruhi kebutuhan kalori harian Anda telah disebutkan di atas. Berikut penjelasan lengkap mengenai faktor-faktor tersebut di lms-pararel.esaunggul.ac.id.

Cara Hitung Kebutuhan Kalori Harian

Pengukuran fisik meliputi tinggi badan dan berat badan. Semakin besar ukuran tubuh, maka semakin banyak pula kalori yang dibutuhkan seseorang. Ini menentukan kebutuhan kalori dasar Anda.

Semakin tua usia Anda, semakin sedikit kalori dan nutrisi lain yang Anda butuhkan. Sebaliknya, anak-anak masih dalam masa pertumbuhan sehingga cenderung membutuhkan lebih banyak kalori.

Beberapa kondisi fisik juga ikut berperan. Orang yang baru sembuh dari suatu penyakit, baru saja menjalani operasi, serta sedang hamil dan menyusui memerlukan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan orang yang dalam kondisi normal.

Lingkungan sosial dan alam mempengaruhi kebutuhan gizi. Lokasi yang dingin membutuhkan lebih banyak nutrisi dibandingkan tempat kerja yang panas. Musim hujan membutuhkan lebih banyak kalori dibandingkan musim panas karena Anda perlu menjaga suhu tubuh.

Lakukan Langkah Langkah Untuk Cukupi Kebutuhan Serat Harian

Mengetahui cara memenuhi kebutuhan kalori harian dengan benar adalah kunci pola makan yang sehat. Menurut laporan National Health Service, ada beberapa tips pola makan praktis dan sehat yang bisa Anda terapkan setiap hari untuk menjaga jumlah kalori dalam tubuh tetap seimbang.

Berikut cara menghitung berapa banyak kalori yang Anda butuhkan per hari. Mari kita lihat secara spesifik bagaimana laki-laki dan perempuan dihitung. Anda juga harus mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan kalori harian Anda. Situs web ini menggunakan cookie untuk memberi Anda situs web yang ramah pengguna, aman, dan efisien. Biasanya, pengaturan cookie browser Anda disetel ke “izinkan semua cookie”. Jika Anda terus menjelajahi situs web ini, Anda menyetujuinya. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang kebijakan kami, silakan lihat Kebijakan Privasi kami.

Cara menghitung kebutuhan kalori tubuh, cara menghitung kebutuhan kalori harian tubuh, cara menghitung kebutuhan kalori sesuai berat badan, cara menghitung kebutuhan kalori dalam tubuh, cara menghitung kebutuhan kalori pdf, menghitung kebutuhan kalori, bagaimana cara menghitung kebutuhan kalori, cara menghitung kebutuhan kalori, cara menghitung kebutuhan kalori tubuh per hari, cara menghitung kebutuhan kalori tubuh kita, menghitung kebutuhan kalori tubuh, cara menghitung kebutuhan kalori penderita diabetes

Leave a Comment