Cara Menghitung Defisit Kalori Harian

Cara Menghitung Defisit Kalori Harian – 1. REE 2. Efek termal makanan 3. AEE 1. Mengurangi karbohidrat 2. Meningkatkan protein dan serat 3. Latihan kekuatan 4. Berhenti makan setelah makan malam 5. Jurnal Nutrisi 1. Mifflin-St. George 2. Resep Harris Benedict 1. Telur Rebus 2. Apel Semangka Strawberry 3. Bayam Kacang Hijau 4. Ikan 5. Yogurt 6. Edamame

Apakah Anda mencoba menurunkan berat badan? Jika iya, Anda bisa mencoba mencapai berat badan ideal dengan mengurangi defisit kalori.

Cara Menghitung Defisit Kalori Harian

Cara Menghitung Defisit Kalori Harian

Bagi Anda yang ingin mengetahuinya, yuk pelajari mengenai defisit kalori, mulai dari pentingnya cara melakukannya, hingga jenis makanan yang boleh dimakan saat mengalami defisit kalori.

Ide Cara Menghitung Kalori Makanan Yang Kita Makan Teratas Di 2024

Menurut e-book Diet “Makanan” Dr. Cindy Dr. Menurut Cindiawaty Josito Pudjiadi, MARS, MS, SpGK, defisit kalori merupakan salah satu cara menurunkan berat badan dengan mengurangi asupan kalori.

Saat tubuh mengalami kekurangan kalori, otomatis tubuh akan mencari sumber energi lain, salah satunya lemak. Tubuh akan memanfaatkan lemak di perut, paha, pinggul dan bagian lainnya untuk membakar energi.

Oleh karena itu, defisit kalori dapat menyebabkan penurunan berat badan. Menurut situs Healthline, kalori memiliki 3 komponen:

REE, atau pengeluaran energi istirahat, adalah energi yang digunakan tubuh saat istirahat untuk melanjutkan fungsinya. REE biasanya digunakan untuk bernafas dan menjaga sirkulasi darah.

Inspirasi Menu Diet Defisit Kalori Untuk Seminggu, Praktis Dicoba!

Efek termal makanan, atau disebut TEF dalam bahasa Inggris, adalah energi yang digunakan tubuh untuk mencerna dan menyerap makanan. Kalori ini berperan dalam metabolisme tubuh.

AEE atau Pengeluaran Energi Aktivitas mengacu pada kalori yang digunakan dalam aktivitas sehari-hari seperti olahraga, pekerjaan rumah, dll.

Tiga unsur kalori diperlukan agar tubuh dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk itu, tubuh perlu mengonsumsi kalori dalam jumlah tertentu setiap harinya.

Cara Menghitung Defisit Kalori Harian

Jika defisit kalori menyebabkan penurunan berat badan, sebaliknya mengonsumsi terlalu banyak kalori dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Mengenal Defisit Kalori: Pengertian, Cara Menghitung, Dan Tips Utamanya 2024

Setiap orang bisa saja mengalami defisit kalori, namun kadarnya berbeda-beda. Banyak faktor yang mempengaruhi defisit kalori ini, seperti frekuensi olahraga, genetika, hormon, dan kecepatan metabolisme.

Ada banyak hal yang perlu Anda lakukan agar defisit kalori ini efektif dan manfaatnya bisa dirasakan. Berikut beberapa cara untuk menciptakan defisit kalori yang tepat.

Karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh seringkali diubah menjadi gula dan akhirnya disimpan di dalam tubuh sebagai lemak. Kurangi asupan karbohidrat agar tubuh tidak terlalu banyak menumpuk gula.

Latihan kekuatan dapat membantu tubuh Anda membakar kalori. Berbeda dengan olahraga biasa, latihan kekuatan dapat membakar lebih banyak kalori dan meningkatkan kebutuhan energi tubuh.

Cara Menghitung Kalori Harian, Panduan Praktis Untuk Semuanya

Jika Anda rutin melakukan latihan kekuatan, Anda tidak perlu terlalu membatasi asupan makanan. Tubuh akan menggunakan energi dari makanan ini untuk berolahraga.

Orang dewasa dianjurkan berolahraga 150-300 menit dalam seminggu. Untuk olahraga serius, disarankan sekitar 75-150 menit per minggu.

Banyak orang yang keras kepala dan suka ngemil setelah makan malam. Salah satu cara terbaik untuk menghindari defisit kalori adalah dengan tidak makan apapun setelah makan malam.

Cara Menghitung Defisit Kalori Harian

Kebutuhan kalori harian seseorang biasanya dipenuhi dengan makan malam. Camilan setelah makan malam akan menambah lebih banyak kalori pada tubuh Anda.

Mengenal Defisit Kalori, Cara Ampuh Untuk Menurunkan Berat Badan

Tuliskan makanan yang Anda makan setiap hari sehingga Anda tahu apa yang Anda makan. Anda juga bisa merencanakan makannya nanti agar bisa menyesuaikan kalori Anda.

Jangan langsung memotong porsi makanan, karena dapat menyebabkan makan berlebihan di kemudian hari. Kurangi porsi makan secara bertahap hingga Anda terbiasa dan tidak merasa terlalu lapar.

Secara umum, pengurangan asupan kalori sebanyak 500 kalori per hari diyakini dapat menurunkan berat badan. Untuk melakukan ini, Anda perlu mengetahui kebutuhan energi harian Anda.

Rumus ini menghitung BMR (Basal Metabolic Rate), yaitu jumlah minimum kalori yang dapat dibakar tubuh tanpa melakukan apapun. Berikut cara menghitung nilai BMR Anda.

Menghitung Pembakaran Kalori Dengan Olahraga Lari

BMR = (10 x berat badan dalam kg) + (6,25 x tinggi badan dalam cm) – (5 x umur dalam tahun) – 161

Misalnya seorang wanita berumur 25 tahun dengan berat badan 60 kg dan tinggi badan 160 cm mempunyai nilai BMR sebagai berikut.

BMR = 655,1 + (9563 x berat badan dalam kg) + (1850 x tinggi badan dalam cm) – (4676 x umur dalam tahun)

Cara Menghitung Defisit Kalori Harian

Terdapat sedikit perbedaan antara rumus Mifflin-St Jeor dengan rumus Harris Benedict. Ingat kembali bahwa kedua rumus ini masih bersifat perkiraan.

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Tubuh

Bagi yang malas menghitung, kini banyak kalkulator online untuk menghitung kebutuhan energi harian. Anda dapat menemukan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk mendapatkan hasil yang akurat, nilai BMR dikalikan dengan pengali berikut sesuai dengan level latihan dan jenis olahraga Anda.

Setelah Anda mengetahui jumlah kalori yang dibutuhkan sesuai dengan kondisi tubuh, kini saatnya menyesuaikan nutrisi yang Anda konsumsi. Berikut beberapa makanan yang baik untuk defisit kalori dan membuat Anda kenyang lebih lama.

Telur rebus merupakan sumber protein yang mudah. Satu butir telur rebus memiliki 6 gram protein dan 72 kalori. Mengonsumsi telur rebus akan membuat Anda kenyang dalam waktu lama dan mencegah rasa lapar.

Apa Saja Tips Agar Defisit Kalori Tanpa Kelaparan?

Apel merupakan buah yang kaya akan vitamin C, potasium, dan antioksidan. Setiap 109 gram apel memiliki 62 kalori dan 3 gram serat sehingga mencegah rasa lapar dengan cepat.

Semangka mempunyai kandungan air yang tinggi, sehingga mampu mencegah dehidrasi. Terdapat 46 kalori untuk setiap 152 gram semangka, yang tergolong sangat rendah.

Stroberi merupakan buah yang kaya akan serat, antioksidan, dan vitamin C. Stroberi hanya memiliki 33 kalori. Semakin manis stroberi, semakin tinggi kandungan kalorinya.

Cara Menghitung Defisit Kalori Harian

Selain buah-buahan, sayur mayur juga banyak mengandung serat yang bermanfaat bagi tubuh. Beberapa sayuran yang bisa dimakan saat mengalami defisit kalori antara lain sebagai berikut.

Cara Defisit Kalori Yang Benar Untuk Menjaga Berat Badan

Bayam merupakan sayuran yang banyak mengandung vitamin, serat dan zat besi. 1 cangkir bayam mentah memiliki 7 kalori dan bayam matang memiliki 23 kalori. Sangat rendah, bukan?

Ikan adalah sumber protein yang baik ketika Anda mengalami defisit kalori. Beberapa ikan yang rendah kalori dan tinggi protein adalah salmon, tuna, dan cod.

Yogurt, khususnya yogurt Yunani, merupakan sumber vitamin yang dapat membantu menurunkan berat badan. 1 unit yogurt biasanya memiliki 130 kalori.

Edamame bisa menjadi pilihan makanan saat bersantap. Hidangan ini hanya memiliki 95 kalori per porsi dan juga kaya protein dan serat.

Ide Cara Menghitung Kalori Pada Makan An Teratas Di 2024

Untuk memperlancar proses defisit kalori, rencanakan makanan terlebih dahulu. Rencanakan apa yang akan Anda makan untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Makanan ringan disertakan jika diperlukan.

Pastikan setiap makanan yang Anda makan adalah makanan seimbang yang kaya serat dan protein. Anda dapat menggunakan pengukuran untuk membagi makanan Anda dengan lebih akurat.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang defisit kalori. Mencapai berat badan yang sehat bukanlah proses yang mudah. Namun jika dilakukan terus menerus, semua kerja keras tersebut pasti akan membuahkan hasil. Makanan harus mengandung makronutrien seperti karbohidrat, lemak dan protein. Setiap 1 gram protein dan karbohidrat mengandung 4 kalori. Sedangkan 1 gram lemak mempunyai 9 energi. Saat ingin menurunkan berat badan, Anda harus mengalami defisit kalori agar berat badan bisa turun dengan cepat.

Cara Menghitung Defisit Kalori Harian

Langkah pertama adalah memanfaatkan teknologi. Anda bisa menggunakan penghitung kalori makanan sebagai referensi. Cara ini cukup sederhana dan mudah karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Hal ini dapat dengan mudah dilakukan di kantor, taman atau di rumah. Anda hanya perlu mengetikkan nama makanan yang ingin Anda makan. Kemudian Anda akan melihat jumlah kalori dalam makanan tersebut. Kemudian Anda bisa menghitung jumlah kalori yang Anda makan setiap hari.

Rekomendasi Aplikasi Penghitung Kalori Untuk Pelaku Diet

Jika Anda ingin mengonsumsi makanan kemasan, Anda bisa membaca informasi tentang paket makanan. Cara menghitung kalori makanan adalah dengan menjumlahkan jumlah kalori yang Anda makan setiap harinya. Informasi gizi ini dapat dijadikan acuan untuk melihat jumlah kalori, karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Pastikan Anda membaca fakta nutrisi dengan benar agar dapat menghitung jumlah pasti kalori yang masuk ke dalam tubuh. Misalnya, jika Anda makan mie instan, Anda mengonsumsi 320 kalori per bungkusnya. Kalikan saja dengan jumlah mie segera setelah Anda makan.

Saat ingin menurunkan berat badan, Anda harus bisa menggunakan analogi. Membandingkan kalori makanan adalah cara yang bagus untuk membantu menurunkan berat badan. Anda bisa mempermudah menghitung kalori nutrisi suatu makanan dengan membandingkan beberapa hal, seperti 1 butir nasi per segenggam. Kalori dalam nasi ini adalah 100 gram. Kemudian Anda diperbolehkan makan daging seukuran kartu kecil. Anda juga bisa menjadikan ikan sebagai lauknya. Jangan lupa makan buah-buahan segar dan sayuran hijau. Tidak perlu menghitung jumlah pasti kalori, yang terpenting adalah membatasi konsumsi kalori harian.

Langkah terakhir dalam menghitung energi makanan untuk makanan adalah menghitung jumlah zat gizi makro. Makronutrien ini meliputi protein dan karbohidrat dalam makanan. Informasi nutrisi ini sering dicantumkan pada kemasan makanan. Setiap gram karbohidrat dan protein biasanya mengandung 4 kalori. Sedangkan 1 gram lemak mempunyai 9 energi. Karbohidrat yang dianjurkan adalah 45%, protein 10-35% dan lemak 25%. Cara menghitung energi harian ini adalah cara termudah dan ternyaman untuk melakukannya. Target berat badan ideal seringkali dicari oleh berbagai orang. Selain menyehatkan, berat badan yang tepat membuat Anda merasa lebih percaya diri. Anda bisa mencapai berat badan ideal melalui olahraga dan pola makan seimbang. Banyak orang memilih diet defisit kalori karena yakin lebih mudah. Nah, mau tahu cara mengalami defisit kalori?

Lanjutkan membaca artikel ini! Sapi akan menjelaskan lebih detail

Diet Mudah Dengan Defisit Kalori, Bagaimana Caranya?

Menu diet harian defisit kalori, bagaimana cara menghitung defisit kalori, kalkulator menghitung defisit kalori, defisit kalori harian, cara menghitung diet defisit kalori, cara menghitung kalori harian, cara menghitung kalori defisit untuk diet, menghitung kalori defisit, cara menghitung defisit kalori, cara hitung defisit kalori harian, cara menghitung defisit kalori yang benar, aplikasi menghitung defisit kalori

Leave a Comment