Cara Membuat Resume Yang Baik Dan Benar

Cara Membuat Resume Yang Baik Dan Benar – Lulusan baru terkadang bingung bagaimana cara mengisi kolom “Pengalaman Kerja” di resume mereka. Jika Anda tidak memiliki pengalaman sama sekali, apa yang harus Anda tulis?

Bagi para profesional yang sedang membangun karirnya, pengalaman kerja merupakan salah satu aset paling berharga dalam menarik perhatian pemberi kerja.

Cara Membuat Resume Yang Baik Dan Benar

Cara Membuat Resume Yang Baik Dan Benar

Lalu bagaimana dengan lulusan baru yang baru saja lulus dan belum pernah bekerja? Jangan khawatir, Prospal punya beberapa tips agar resume Anda diperhatikan oleh perusahaan impian Anda. Berikut beberapa di antaranya:

Template Cv Lamaran Kerja

Selain profil, Anda juga bisa menulis biografi singkat sebagai pengenalan kepada perekrut. Bagian ini adalah “ringkasan” umum dari konten resume Anda untuk menyoroti keterampilan, pendidikan, dan potensi Anda.

Cantumkan juga tujuan karier yang Anda inginkan, jelaskan posisi yang Anda lamar, atau keterampilan yang ingin Anda kembangkan di perusahaan tersebut.

Tunjukkan tingkat studi Anda dan isi nama institusi dan tahun studi. Jika nilai akhir atau IPK Anda cukup bagus, Anda bisa memasukkannya juga.

Jika gelar sarjana Anda masih relevan dengan posisi yang Anda lamar, rangkumlah apa yang Anda pelajari selama masa studi Anda.

Mudah, Ini Tips Membuat Cv Di Linkedin Dengan Instan

Lulusan baru yang aktif berorganisasi mempunyai kelebihan tersendiri. Secara tidak langsung, Anda telah mendapatkan pelatihan soft skill kepemimpinan, kerjasama tim dan kemampuan beradaptasi.

Anda juga dapat memasukkan pengalaman Anda dengan organisasi kampus atau rumah, acara amal, acara komunitas, kegiatan sukarela, atau sebagai anggota komite acara. Jelaskan juga tanggung jawab Anda saat mengikuti kegiatan tersebut.

Sebutkan dan jelaskan keterampilan yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Jika Anda telah mengikuti kursus atau pelatihan sertifikasi untuk mengembangkan keterampilan ini, buatlah kolom khusus yang disebut “Sertifikasi” untuk mencerminkan hal ini.

Cara Membuat Resume Yang Baik Dan Benar

Jika Anda memilikinya, sertakan juga portofolio Anda (bisa berupa file PDF, atau tautan ke situs web pribadi dan media sosial Anda dengan contoh portofolio Anda), terutama jika Anda sedang mencari posisi di tim kreatif. Anda membuat permintaan.

Contoh Surat Lamaran Magang Yang Baik Dan Benar

Apakah Anda salah satu lulusan terbaik di kampus atau memiliki prestasi akademik lainnya? Prestasi yang signifikan tentunya dapat menjadi manfaat tersendiri. Misalnya, Anda memenangkan lomba fotografi, lomba menulis cerita pendek, lomba edit video, atau prestasi lain yang berkaitan dengan karir yang Anda lamar.

Namun, prestasi tidak terbatas pada olahraga atau kompetisi. Anda juga dapat menentukan sasaran atau “pencapaian” yang berhasil dicapai selama kampanye, dan lebih baik lagi, menyebutkan angka atau persentase tertentu.

Misalnya, Anda bekerja sebagai manajer media sosial untuk sebuah toko online dan berhasil meningkatkan jumlah pengikut atau penjualan. Anda bisa menulis “Dapatkan 10.000 pengikut dalam 6 bulan pertama” atau “Tingkatkan penjualan sebesar 40% di tahun kedua”.

Selalu gunakan “active voice” atau kalimat aktif dalam semua deskripsi yang Anda tulis. Cocok untuk menjelaskan keterampilan, aktivitas, atau pencapaian.

Pdf) Resume Jurnal

Misalnya, pencapaian yang ditulis dengan kalimat “Berhasil meningkatkan jumlah pengunjung suatu acara menjadi 1.000” akan lebih efektif dibandingkan dengan kalimat pasif “Berhasil meningkatkan jumlah pengunjung suatu acara menjadi 1.000”.

Contoh lainnya, kalimat “Rancang konsep iklan yang tampil di jejaring sosial” akan lebih mudah dibaca dibandingkan “Saya akan mendesain iklan yang tampil di jejaring sosial”.

Detail kecil ini akan membuat resume Anda singkat dan langsung pada sasaran, meninggalkan kesan yang lebih positif dan membuat Anda “lebih kuat”. Coba periksa resume Anda untuk melihat apakah ada kalimat pasif yang bisa diganti dengan kalimat aktif.

Cara Membuat Resume Yang Baik Dan Benar

Sebagai lulusan baru yang mencoba mengirimkan resume Anda ke beberapa perusahaan, Anda dapat mengubah atau “mengubah” isi resume Anda agar sesuai dengan tujuan Anda.

Contoh Cv Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja Yang Menarik

Beda pekerjaan tentu memerlukan kualifikasi yang berbeda pula. Ini tidak berarti Anda harus menulis ulang isi resume (atau bahkan membuat bagian baru), melainkan menyesuaikannya dengan kebutuhan perekrut.

Anda dapat melakukannya dengan mengubah atau menambah deskripsi yang lebih sesuai dengan persyaratan peran yang Anda lamar (misalnya, di bagian keterampilan atau pengalaman). Dengan resume yang lebih detail atau “dipersonalisasi”, Anda memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan wawancara.

Sebagai lulusan baru, memiliki pengalaman kerja yang lebih sedikit adalah hal yang wajar. Oleh karena itu, tidak perlu memalsukan detail pengalaman kerja untuk menghapus seleksi hanya karena merasa insecure. Karena HRD yang membaca resume Anda mungkin akan meminta verifikasi data atau saat proses wawancara.

Untuk lebih memahami tips di atas, di bawah ini adalah contoh resume yang menarik dan profesional untuk lulusan baru, meskipun belum memiliki pengalaman kerja.

Tips Membuat Dan Contoh Cv Fresh Graduate Tanpa Pengalaman

Tidak perlu bingung dan frustasi jika Anda lulusan yang belum berpengalaman. Anda masih memiliki banyak waktu dan kesempatan untuk mengembangkan karir Anda.

Pengalaman kerja memang penting, namun bukan menjadi faktor utama dan satu-satunya faktor seseorang menerima pekerjaan di suatu perusahaan. Asah terus kemampuanmu dan tunjukkan bahwa kamu adalah calon potensial yang ingin terus belajar.

Jadi percaya diri dan ungkapkan semua kekuatan dan kemampuan Anda dalam resume Anda. Resume Anda mencerminkan siapa Anda, jadi buatlah semenarik mungkin. Jika Anda masih membutuhkan inspirasi untuk mendesain resume Anda, lihat artikel Prospal tentang 25 Template Resume Gratis dan Selamat Berburu Pekerjaan!

Cara Membuat Resume Yang Baik Dan Benar

Cara membuat resume materi kuliah yang baik dan benar, cara membuat resume dengan baik dan benar, contoh resume lamaran kerja yang baik dan benar, cara resume buku yang baik dan benar, cara membuat resume tugas kuliah yang baik dan benar, membuat resume yang baik dan benar, cara resume jurnal yang baik dan benar, cara membuat resume yang baik, cara membuat resume materi yang baik dan benar, cara membuat resume jurnal yang baik dan benar, membuat resume yang baik, resume yang baik dan benar

Leave a Comment