Cara Hilangkan Benjolan Di Selangkangan

Cara Hilangkan Benjolan Di Selangkangan – Halodoc, Jakarta Hernia terjadi ketika sebagian organ dalam melewati titik lemah pada otot yang menutupi perut. Hernia inguinalis pada anak merupakan suatu kondisi kesehatan yang muncul berupa benjolan atau tonjolan pada kulit. Hernia inguinalis adalah hernia yang terjadi pada selangkangan. Pada pria, hernia inguinalis, yang mencapai skrotum, delapan kali lebih sering terjadi dibandingkan pada wanita.

Hernia inguinalis pada anak merupakan benjolan yang muncul di daerah selangkangan. Dalam beberapa kasus, hernia inguinalis dapat mengancam jiwa dan memerlukan pengobatan. Hernia inguinalis terjadi di dekat area selangkangan, antara perut dan paha, dan terjadi pada 3-5% bayi sehat cukup bulan.

Cara Hilangkan Benjolan Di Selangkangan

Cara Hilangkan Benjolan Di Selangkangan

Insiden hernia inguinalis meningkat hingga 30% pada bayi prematur. Hernia inguinalis pada anak merupakan benjolan yang perlu segera ditangani agar terhindar dari gangguan kesehatan yang lebih serius. Jangan abaikan tanda-tanda nyeri, tertekan, atau benjolan pada bayi atau anak Anda karena benjolan yang terjadi juga bisa mengeras dan menjadi merah bila mengalami kondisi kesehatan tersebut.

Pemutih Ketiak Dan Selangkangan Terbaik Di Tahun 2023 (terbaru)

RS EMC Sentul Bogor, Jawa Barat mengadakan acara bakti sosial berupa operasi hernia gratis. Puluhan warga penderita hernia mendapat operasi gratis.

Hernia inguinalis pada anak merupakan tonjolan di daerah selangkangan. Hernia terjadi ketika usus mulai menonjol melalui dinding perut. Gejala utama hernia inguinalis pada anak adalah adanya tonjolan yang muncul pada kulit selangkangan atau skrotum. Saluran inguinalis seharusnya menutup sebelum kelahiran, namun terkadang tidak menutup sepenuhnya. Kondisi seperti ini bisa meninggalkan lubang pada usus bayi. Anda mungkin melihat dan merasakan tonjolan atau benjolan aneh di selangkangan atau skrotum anak Anda.

Hernia inguinalis biasanya hanya terjadi pada satu sisi selangkangan, dan lebih sering terjadi pada sisi kanan dibandingkan kiri. Sekitar 10 persen kasus, hernia inguinalis terjadi di kedua sisi selangkangan. Hernia inguinalis dapat menyerang bayi, balita, anak-anak, dan orang dewasa. Ini terjadi pada anak-anak, kebanyakan pada anak di bawah usia 6 tahun.

Jika seorang anak menderita hernia inguinalis, mungkin terdapat pembengkakan atau benjolan di selangkangan, atau skrotum yang bengkak. Gejala lain yang mungkin terjadi antara lain:

Jangan Panik! Ini 3 Cara Atasi Benjolan Di Vagina Yang Efektif

Hernia inguinalis lebih sering terjadi pada sisi kanan, namun bisa juga pada sisi kiri atau kedua sisi selangkangan atau skrotum.

Semua bayi dilahirkan dengan tabung seperti terowongan yang disebut kanalis inguinalis. Kanalis inguinalis membentang dari perut bayi hingga alat kelamin. Pada masa pertumbuhan bayi, testis bayi laki-laki terbentuk di bagian perut. Testis kemudian melewati kanalis inguinalis dan masuk ke skrotum.

Biasanya saluran inguinalis menutup sebelum kelahiran, namun pada beberapa kasus tidak menutup sepenuhnya. Ini menciptakan lubang antara perut bayi dan saluran inguinalis. Bila hal ini terjadi, usus bayi bisa masuk ke lubang tersebut sehingga menyebabkan hernia. Hernia inguinalis jarang terjadi pada anak perempuan, namun bisa saja terjadi. Wanita juga memiliki saluran inguinalis. Hernia inguinalis pada anak perempuan mungkin melibatkan bagian sistem reproduksi, seperti ovarium.

Cara Hilangkan Benjolan Di Selangkangan

Oleh karena itu, dokter anak harus dapat mendiagnosis hernia inguinalis melalui pemeriksaan fisik, mencari adanya tonjolan di selangkangan atau skrotum saat anak menangis atau meronta.

Penyebab Munculnya Benjolan Di Ketiak, Gejala, Dan Cara Mengobatinya

Untuk hernia inguinalis, diperlukan operasi perbaikan hernia (herniotomi). Bahkan hernia inguinalis sederhana pun memiliki risiko tercekik. Herniotomi dapat mencegah hernia kambuh lagi.

Penyakit ini juga dapat diobati dengan operasi hernia, yang seringkali memerlukan anestesi. Anestesi bisa bersifat umum atau tulang belakang. Jenis anestesi yang digunakan mungkin juga bergantung pada anak dan didiskusikan dengan orang tua. Jika seorang anak menderita hernia inguinalis hanya pada satu sisi, kecil kemungkinan hernia akan berkembang di sisi lainnya, sehingga pembedahan pada sisi yang tidak terkena juga merupakan cara untuk mencegah hernia di kemudian hari.

* Kebenaran atau tipuan? Untuk mengecek keaslian informasi yang dibagikan, masukkan kata kunci yang diperlukan melalui nomor cek fakta WhatsApp 0811 9787 670.

Hanya 80% pemudik yang pulang ke Pulau Jawa dari Pulau Sumatera, dan terdapat pula pemudik yang tidak kembali ke Pulau Jawa. Simak penyebab benjolan di selangkangan berikut ini.

Cara Mengatasi Cedera Selangkangan (dengan Gambar)

Tiba-tiba, Anda melihat ada benjolan di selangkangan Anda. Selain rasa tidak nyaman, kondisi ini juga bisa menjadi pertanda beberapa penyakit.

Benjolan di selangkangan datang dalam berbagai bentuk. Ada yang besar, kecil, lunak, keras, ungu, tidak berwarna, ada yang sakit dan ada yang tidak.

Benjolan di selangkangan biasanya disebabkan oleh pembengkakan kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh dan melawan berbagai penyakit.

Cara Hilangkan Benjolan Di Selangkangan

Kelenjar getah bening di selangkangan bisa meradang ketika organ di sekitarnya, seperti kandung kemih, terinfeksi bakteri, virus, atau jamur.

Penyebab Bisulan Pada Anak Paling Sering Menyerang

Selain benjolan di selangkangan, gejala lain yang mungkin terjadi antara lain keringat dingin di malam hari, nyeri pangkal paha, dan demam.

Benjolan tidak hanya bisa muncul di selangkangan, tapi juga bisa terjadi di leher dan ketiak. Selain benjolan, gejala lain yang mungkin terjadi antara lain:

Ini adalah penyakit langka pada katup pembuluh darah di kaki. Katup pada pembuluh darah ini tidak terbuka dengan baik sehingga darah terjebak dan menyebabkan pembengkakan.

Gejala seperti munculnya benjolan biru biasanya hilang setelah seseorang tidur. Orang yang pernah menderita varises di masa lalu memiliki risiko lebih tinggi terkena varises.

Jenis Jamur Kulit, Ketahui Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Abses adalah benjolan berisi nanah yang terbentuk dari sel darah putih, bakteri, dan jaringan mati. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri.

Gejala yang menyertai abses antara lain demam, kemerahan, nyeri, dan rasa terbakar pada area yang terkena abses.

Kista adalah benjolan berisi cairan. Penyebabnya mungkin penyumbatan yang memungkinkan cairan dan udara menumpuk. Penyumbatan ini bisa disebabkan oleh faktor genetik, infeksi, dan faktor lainnya.

Cara Hilangkan Benjolan Di Selangkangan

Kista non-neoplastik bersifat jinak dan tidak memerlukan pengobatan karena akan hilang dengan sendirinya dalam waktu tiga bulan. Pada saat yang sama, kista tumor jenis ini diisolasi dari jaringan normal dan dapat diobati dengan pembedahan.

Bisul Di Selangkangan: Apa Sih Penyebabnya? Ketahui Di Sini!

Jika muncul benjolan di selangkangan, patut dicurigai juga penyakit menular seksual seperti sifilis, gonore, HIV, herpes, dan klamidia. Bisa juga disertai gejala lain, yaitu:

Pada pria, jenis hernia yang menyebabkan benjolan di selangkangan adalah hernia inguinalis. Sedangkan pada wanita, penyebab benjolan tersebut adalah hernia femoralis.

Ada dua jenis vasodilatasi yang bisa muncul berupa massa di selangkangan, aneurisma femoralis dan varises.

Aneurisma femoralis adalah istilah medis untuk pembengkakan arteri femoralis yang disebabkan oleh kelemahan pada dinding arteri. Gejalanya mungkin berupa rasa ada yang mengganjal, kram di selangkangan, dan nyeri yang meluas. Kondisi ini biasanya menyerang orang berusia 70 tahun ke atas.

Cara Menghilangkan Komedo Di Hidung

Selain itu, varises terjadi ketika pembuluh darah vena melebar akibat peningkatan tekanan darah vena. Varises bisa muncul di kaki dan paha atas.

Gejala varises antara lain kaki bengkak dan rasa berat di kaki. Kondisi ini biasanya terjadi pada orang yang sedang hamil, berdiri dalam jangka waktu lama, dan kelebihan berat badan.

Hidrokel adalah benjolan yang terbentuk di selangkangan akibat penumpukan cairan. Kondisi ini lebih sering terjadi pada pria, namun pada kasus yang jarang terjadi, dapat juga terjadi pada wanita.

Cara Hilangkan Benjolan Di Selangkangan

Gejalanya biasanya berupa benjolan yang lunak dan tidak menimbulkan rasa sakit. Pada pria, benjolan biasanya terdapat pada bagian skrotum, biasanya pada salah satu sisi saja. Selain itu, wanita juga bisa mengalami benjolan di labia (labia).

Jual Obat Benjolan Di Selangkangan

Cara menghilangkan benjolan di selangkangan tergantung dari penyebabnya. Sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter mengenai keluhan ini. Dengan cara ini, wawancara medis tambahan dan pemeriksaan fisik dapat dilakukan.

Setelah itu, dokter mungkin akan menyarankan pemeriksaan darah atau pemeriksaan tambahan lainnya, seperti USG, CT scan, atau biopsi.

Bila perlu, akan dilakukan pemeriksaan terkait infeksi menular seksual, seperti tes urin, usap cairan uretra, atau tes HIV.

Perawatan untuk mengangkat tumor akan selalu disesuaikan dengan diagnosisnya. Jika hal tersebut disebabkan oleh kista yang berukuran lebih besar dan menimbulkan rasa sakit, dokter mungkin akan menyarankan pengangkatan kista tersebut.

Penyebab Sakit Selangkangan Pada Wanita Dan Cara Mengatasinya

Benjolan di selangkangan akibat hernia memerlukan pembedahan untuk mengembalikan jaringan usus ke tempatnya dan menggunakan lubang yang tertutup.

Pada saat yang sama, benjolan di selangkangan akibat infeksi bakteri akan diberikan antibiotik untuk mencegah infeksi. Anda mungkin juga menerima obat untuk mengurangi peradangan.

Faktanya, beberapa penyebab benjolan di selangkangan tidak menimbulkan komplikasi jangka panjang. Namun, hernia yang tidak segera diobati dapat menyebabkan kompresi usus, sehingga memerlukan pembedahan darurat.

Cara Hilangkan Benjolan Di Selangkangan

Jangan anggap remeh gejala benjolan di selangkangan, tidak peduli seberapa besar atau kecilnya. Segera konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya dan memberikan pengobatan yang tepat.

Nyeri Paha Bagian Dalam, Apa Penyebabnya?

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang topik ini, tanyakan melalui fitur Tanya Dokter Kulit dan Kelamin di aplikasi.

Cara hilangkan benjolan di leher, cara hilangkan hitam di selangkangan, cara hilangkan benjolan di ketiak, cara hilangkan benjolan di dubur, cara hilangkan benjolan di mata, cara hilangkan benjolan di tangan, cara hilangkan kurap di selangkangan, cara hilangkan benjolan di kepala, cara hilangkan jamur di selangkangan, cara hilangkan daki di selangkangan, cara hilangkan gatal di selangkangan, cara hilangkan benjolan di payudara

Leave a Comment