Cara Alami Menghilangkan Gatal Pada Kemaluan Wanita

Cara Alami Menghilangkan Gatal Pada Kemaluan Wanita – 10 Cara Alami Menghilangkan Kutil Vagina yang Aman Diposting: 22 Februari 2019 Terakhir Diperbarui: 22 Juli 2021 Dibaca 13 Juni 2019 Waktu Baca: 7 menit

Nyeri pada alat kelamin atau vagina bisa saja terjadi pada wanita. Meski terkadang bukan kondisi serius yang perlu dikhawatirkan, namun hal ini tentu membuat Anda merasa lebih baik. Oleh karena itu, sebaiknya wanita tetap mengatasi keluhan gatal pada vaginanya dengan bahan-bahan alami yang aman dan mudah dibuat di rumah.

Cara Alami Menghilangkan Gatal Pada Kemaluan Wanita

Cara Alami Menghilangkan Gatal Pada Kemaluan Wanita

Penyebab gatal pada area kemaluan wanita bisa banyak faktor. Hal ini bisa disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur, eksim, atau penggunaan bahan keras yang mengiritasi vagina (bibir vagina). Tergantung penyebabnya, Anda mungkin mengalami beberapa sensasi seperti rasa terbakar, bengkak, iritasi, dan keluarnya cairan kental disertai bau tidak sedap.

Cara Menghilangkan Gatal Pada Kemaluan Wanita Menggunakan Minyak Zaitun Tak Boleh Sembarangan, Ini Yang Akan Terjadi Jika Masih Nekat Mencoba

Sebenarnya keluarnya cairan putih dalam jumlah sedikit merupakan hal yang wajar karena merupakan proses alami yang terjadi untuk membersihkan dan melembabkan area kewanitaan.

Vagina sendiri mengandung bakteri baik dan memiliki nilai pH rendah sehingga dapat melindungi vagina dari berbagai penyakit. Namun jika keseimbangan antara jumlah bakteri dan pH terganggu, akibatnya adalah infeksi, iritasi, gatal, dan bau tak sedap pada vagina.

Untungnya, sebagian besar kasus vagina gatal pada wanita dapat dengan mudah diobati dengan menggunakan bahan-bahan alami. Tak hanya mampu mengendalikan penyakit penyebab gatal dan iritasi, bahan alami tersebut juga ampuh mengurangi kemerahan dan peradangan pada bagian tubuh.

Namun sebelum menggunakan cara menghilangkan rasa gatal pada vagina, pastikan kondisi tersebut tidak menyebabkan penggunaan sabun atau produk lainnya. Pasalnya, kandungan dalam produk tersebut dapat menghilangkan lapisan pelindung vagina dan mengganggu keseimbangan bakteri baik yang ada. Jika produk menyebabkan gatal pada vagina, hentikan saja penggunaan produk tersebut.

Cara Alami Menghilangkan Gatal Pada Vagina

Untuk produk cuka sari apel, pilihlah produk yang mentah dan tanpa filter. Biasanya tertulis “mentah, tanpa filter” pada kemasannya. Ciri lain dari cuka apel mentah yang masih banyak mengandung enzim adalah warnanya yang keruh dan tidak bening.

Cuka sari apel sangat efektif dalam pengobatan penyakit gatal-gatal dan jamur (kandidiasis akibat jamur Candida) dan bakteri (bacterial vaginosis). Hasil penelitian yang dilakukan para ilmuwan mengungkapkan bahwa asam asetat pada cuka sari apel efektif membasmi jamur, termasuk Candida. Selain itu, asam asetat dalam cuka juga dapat menyeimbangkan tingkat pH organ di sekitarnya yang meningkat akibat infeksi bakteri.

Cara menghilangkan kutil vagina secara alami dengan cuka adalah dengan merendam tampon dalam campuran cuka apel dan air (50:50). Lalu tempelkan tampon pada Miss V, diamkan selama 30-60 menit. Setelah dikeluarkan, bersihkan Miss V dengan air hangat dan keringkan.

Cara Alami Menghilangkan Gatal Pada Kemaluan Wanita

Alternatif lainnya adalah dengan menambahkan 2 cangkir cuka sari apel ke dalam air mandi dan berendam selama 20 menit.

Obat Untuk Kutu Kemaluan Di Apotik, Obat Gatal Kutu Kemaluan, Obat Kutu Kemaluan Tradisional, Obat Kutu Kemaluan Wanita, Propolis Sm Untuk Penghilang Kutu Kemaluan (sudah Bpom)

Cara menghilangkan gatal pada wanita secara alami lainnya adalah dengan minyak kelapa murni. Minyak kelapa murni juga efektif dalam mengobati eksim, bakterial vaginosis, dan infeksi kandida.

Minyak kelapa mengandung asam lemak yang dapat menenangkan kulit panas dan mengobati infeksi. Asam laurat dalam minyak ini juga efektif mencegah berkembangnya infeksi bakteri yang memakan kulit yang rusak akibat eksim. Selain itu, minyak kelapa juga dapat melembabkan bagian pribadi yang kering.

Semua pernyataan tersebut didukung oleh hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Journal of Medicinal Food”, yang mengungkapkan bahwa minyak kelapa lebih efektif dalam pengobatan infeksi jamur dibandingkan flukonazol, obat yang banyak digunakan dalam pengobatan kandidiasis.

Dalam hal ini cara penggunaan minyak kelapa tidak jauh berbeda dengan cuka apel, yakni merendam pembalut dalam minyak kelapa murni dan biarkan selama 8 jam atau semalaman.

Jual Obat Untuk Bentol Bentol Di Bibir Vagina 100% Alami

Lalu basuhlah organ sekitar dengan air hangat. Keringkan pakaian dalam secara menyeluruh sebelum mengenakannya. Lakukan setiap hari jika perlu. Anda juga bisa menambahkan setetes minyak pohon teh ke dalam minyak kelapa untuk meningkatkan efek antibakterinya.

Bahan alami lain yang ampuh mengatasi vagina gatal akibat jamur, bakteri, atau eksim adalah minyak pohon teh. Pasalnya minyak ini memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antiinflamasi. Selain itu, mencampurkan minyak kelapa dengan pohon teh juga efektif dalam mengobati kanker payudara.

Menurut jurnal Clinical Microbiology Reviews, yang membuat minyak pohon teh efektif adalah komponen yang disebut terpinen-4-ol. Antibiotik ini efektif dalam mengobati bakteri penyebab infeksi.

Cara Alami Menghilangkan Gatal Pada Kemaluan Wanita

Cara alami menghilangkan kekeringan pada vagina pada wanita selanjutnya memang kurang disukai banyak orang karena aroma bawang putih dinilai kurang bersahabat. Namun fakta ini tidak mengesampingkan fakta bahwa bawang putih juga efektif dalam pengobatan gatal-gatal yang disebabkan oleh bakteri.

Cara Mengatasi Kulit Iritasi Akibat Pembalut

Bawang putih tidak hanya bersifat antiseptik, tetapi juga antiseptik karena kandungan allicin yang dikandungnya. Avicenna Journal of Phytomedicine menjelaskan bahwa sifat antijamur pada bawang putih efektif dalam mengobati infeksi kandida, sedangkan sifat antibakterinya efektif dalam membersihkan infeksi kulit dan vulva.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi 500 mg kapsul bawang putih dua kali sehari dapat meredakan gejala bakterial vaginosis. Faktanya, kapsul bawang putih terbukti sama efektifnya dengan metronidazol, yang diresepkan untuk mengobati infeksi jamur.

Jadi, minumlah kapsul bawang putih setiap hari secara rutin atau bisa juga dengan mengonsumsi bawang putih segar. Amalan ini tidak hanya efektif menghilangkan rasa gatal di bagian tubuh, tapi juga bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh tidak sakit.

Asam borat merupakan bahan alami lain yang efektif mengatasi rasa gatal dan perih pada vagina. Dalam kebanyakan kasus, asam ini lebih efektif dibandingkan obat antijamur dan tidak membuat ketagihan. Menurut hasil penelitian, asam borat efektif dalam mengobati kandidiasis vulvovaginal, infeksi yang disebabkan oleh jamur Candida albicans, yang berhubungan dengan infeksi vulva.

Obat Gatal Pada Kemaluan Pria 100% Alami

Ini harus digunakan hanya sebagai supositoria. Masukkan supositoria asam borat ke dalam vagina dua kali sehari selama 6-14 hari berturut-turut untuk menghilangkan infeksi jamur sepenuhnya. Jika tidak hilang, lanjutkan penggunaan selama 2 minggu berikutnya.

Cara menghilangkan rasa gatal pada wanita secara alami lainnya adalah dengan menggunakan hidrogen peroksida (pilih yang food grade/aman digunakan). Bahan ini merupakan antibiotik alami yang dapat mengatasi infeksi jamur atau bakteri.

Untuk menggunakannya, campurkan air dan 3% hidrogen peroksida (dalam proporsi yang sama). Rendam tampon dalam air dan biarkan selama 20-30 menit. Ulangi setiap hari hingga 2 minggu atau sampai gejala gatal hilang.

Cara Alami Menghilangkan Gatal Pada Kemaluan Wanita

Yoghurt mentah juga efektif meredakan gatal dan peradangan, menjaga keseimbangan pH organ intim. Selain efektif mengatasi iritasi, yogurt juga mengandung antibiotik yang dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik.

Jenis Obat Apotek Untuk Mengatasi Rasa Gatal Pada Vagina

Hasil penelitian tahun 2012 menegaskan bahwa meminum yogurt probiotik yang mengandung 100 gram Lactobacillus dua kali sehari dapat menurunkan peningkatan pH vagina akibat infeksi bakteri. Cara lainnya adalah dengan mengoleskan yoghurt mentah (dingin) pada vagina atau membasahi tampon dan dilakukan 2 kali sehari hingga nyeri hilang.

Cara menghilangkan gatal pada vagina secara alami pada wanita lainnya adalah dengan mengonsumsi produk probiotik. Meski efeknya tidak secepat bahan alami lainnya, namun mampu mencegah kambuhnya infeksi vagina. Pasalnya, probiotik tidak hanya baik untuk bakteri baik, namun mampu menghambat pertumbuhan bakteri jahat penyebab gatal dan bau pada alat kelamin wanita.

Cara lain untuk menghilangkan kutil kelamin wanita adalah dengan menambahkan 2-3 tetes minyak oregano ke dalam 1 sendok makan minyak kelapa murni. Oleskan pada labia, vulva, atau klitoris untuk mengurangi rasa gatal dan mengobati infeksi. Biarkan selama 2 jam sebelum mencuci area yang terkena dengan air.

Journal of Medicinal Food melaporkan bahwa minyak atsiri oregano mengandung sifat antibakteri yang sangat efektif membunuh bakteri, bahkan strain yang kebal terhadap obat medis.

Mengatasi Vagina Gatal Dengan Air Garam, Amankah?

Cara menghilangkan gatal pada alat kelamin secara alami yang terakhir adalah dengan kompres dingin. Seperti area tubuh lainnya, suhu dingin dapat meredakan vagina yang gatal serta mengurangi peradangan dan pembengkakan.

Masukkan saja beberapa es batu ke dalam plastik, lalu bungkus dengan kain bersih. Kenakan Miss V selama beberapa menit, lalu istirahat 10 menit sebelum mengulanginya. Lakukan ini beberapa kali sehari sampai bengkaknya berkurang.

Jika nyeri pada vagina tidak kunjung hilang meski sudah mencoba mengobatinya dengan zat-zat di atas, maka ada baiknya berkonsultasi ke dokter. Pasalnya, gatal juga bisa menjadi tanda adanya infeksi menular seksual yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Cara Alami Menghilangkan Gatal Pada Kemaluan Wanita

Selain pengobatan alami di atas, berikut ini yang bisa dilakukan untuk meredakan gatal pada vagina, antara lain:

Obat Gatal Pada Miss V Alami Bpom Halal

Jika rasa gatal pada vagina tidak kunjung membaik atau semakin parah, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosis dan saran lebih lanjut.

Para editor berkomitmen untuk memberikan informasi berkualitas kepada pembaca kami. Kami berkolaborasi dengan dokter dan dokter serta menggunakan sumber terpercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Garis yang sehat. 10 pengobatan rumahan untuk vagina nyeri dan kapan harus ke dokter. (https://www.healthline.com/health/womens-health/itching-vagina-home-remedies). 23 Mei 2019

Artikel ini hanya untuk informasi kesehatan, bukan diagnosis klinis. menyarankan untuk tetap memeriksakan diri ke dokter secara langsung dengan dokter spesialis di bidangnya.

Trik Dari Obgyn Untuk Menenangkan Area Vagina Yang Gatal

Konten ini telah ditulis atau diulas oleh seorang profesional medis dan didukung oleh setidaknya tiga referensi dan sumber terpercaya.

Editor berkomitmen untuk menyediakan konten yang akurat, lengkap, mudah dipahami, relevan, dan fungsional. Anda dapat membaca keseluruhan editorial di sini.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar mengenai artikel kami, silakan WhatsApp kami di 0821-2425-5233 atau email [email protected] Infeksi jamur vagina dapat menjadi perhatian. Tak perlu khawatir, Anda bisa mengatasinya dengan pengobatan alami infeksi jamur vagina berikut ini!

Cara Alami Menghilangkan Gatal Pada Kemaluan Wanita

Infeksi jamur vagina merupakan suatu kondisi yang harus dicegah. Pasalnya, kondisi tersebut bisa menimbulkan rasa gatal bahkan keluar cairan kental seperti keju dari alat kelamin.

Cara Alami Mengobati Kurap Dengan Bawang Putih, Ini Cara Pakainya

Dan yogurt

Cara menghilangkan gatal pada kemaluan wanita, cara menghilangkan rasa gatal pada kemaluan wanita secara alami, cara alami menghilangkan rasa gatal pada kemaluan, cara menghilangkan gatal pada kemaluan wanita secara alami, cara menghilangkan gatal pada bagian kemaluan wanita, cara menghilangkan rasa gatal pada kemaluan wanita, cara ampuh menghilangkan gatal pada kemaluan wanita, cara alami atasi gatal pada kemaluan wanita, cara menghilangkan gatal pada kemaluan secara alami, cara menghilangkan gatal pada bibir kemaluan wanita secara alami, cara menghilangkan gatal pada bibir kemaluan wanita, cara menghilangkan gatal pada area kemaluan wanita

Leave a Comment